Breaking News:

Malam Pergantian Tahun, Polisi Berencana Tutup Jalur Masuk ke Solo

Polresta Solo, Jawa Tengah, sudah menyiapkan beberapa kegiatan untuk mencegah terjadinya kerumunan pada malam pergantian tahun 2021.

(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. 

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Polresta Solo, Jawa Tengah, sudah menyiapkan beberapa kegiatan untuk mencegah terjadinya kerumunan pada malam pergantian tahun 2021.

Salah satunya adalah menutup jalur masuk ke Kota Solo.

"Menghalau, menyekat, rombongan-rombongan yang akan menuju ke Solo. Karena kita tidak menginginkan tingkat konsentrasi massa yang merayakan malam pergantian tahun itu berada di Solo. Penyekatan di empat pintu masuk Solo," kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjutak di Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Liburan Akhir Tahun, Masuk ke Jateng Wajib Kantongi Hasil Rapid Test Antigen

Namun, Ade tidak menyebutkan jalur masuk Solo yang bakal disekat polisi.

Selain itu, Polresta Solo juga akan menerjunkan sebanyak 550 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Personel yang diturunkan nanti selain untuk melaksanakan tugas pengamanan di gereja-gereja di wilayah hukum Polresta Solo, juga kita akan menurunkan tim mobile pemburu kerumuman atau pengurai kerumunan," kata Ade.

Baca juga: Anies Dijenguk Istri dan Anak-anaknya setelah Berpisah 16 Hari, Melepas Rindu di Balik Jendela Kaca

Ade menerangkan tim pemburu kerumunan ini merupakan petugas gabungan dari polisi, anggota TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Tim ini akan bergerak di lima kecamatan memantau adanya kerumunan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Karena kerumunan berpotensi terhadap penyebaran Covid-19 secara masif. Kita akan melakukan penguraian atau pembubaran kerumunan," kata dia.

Polisi juga melarang adanya kegiatan perayaan malam pergantian tahun yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

"Koordinasi efektif sudah kita lakukan dengan Jajaran TNI maupun Pemerintah Kota. Kita melarang adanya perayaan malam pergantian tahun yang menimbulkan kerumunan massa. Itu pasti akan kita bubarkan," tegasnya.

Lebih jauh, pihaknya juga akan menerjunkan tim dari Satlantas bergabung dengan Dinas Perhubungan Kota Solo melaksanakan razia kendaraan yang menggunakan knalpot tidak standar atau brong.

"Kendaraan knalpot brong itu nanti akan kita tindak. Kita akan lakukan penyitaan ranmor sampai knalpot yang dipakai itu diganti dengan yang sesuai," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Berencana Tutup Jalur Masuk ke Solo pada Malam Pergantian Tahun"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved