Breaking News:

Sutopo, Jago Kapang Jaya Menang Pilkades Ketapang

Utopo yang merupakan putra desa ini sejak tiga tahun lalu memang digadang-gadang sebagai jago dari paguyuban Keluarga Ketapang di Jakarta Raya

istimewa
Sutopo alias Utopo Bin Suwarno (48), pengusaha ikan dari Jakarta, memenangi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (27/12/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, PEMALANG - Sutopo alias Utopo Bin Suwarno (48), pengusaha ikan dari Jakarta, memenangi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (27/12/2020).

Utopo yang merupakan putra desa ini sejak tiga tahun lalu memang digadang-gadang sebagai jago dari paguyuban Keluarga Ketapang di Jakarta Raya atau Kapang Jaya.

"Alhamdulillah, masyarakat memberikan amanah kepada saya. Insya Allah amanah ini akan saya laksanakan sebaik-baiknya. Ini adalah kemenangan seluruh warga Desa Ketapang yang dapat melaksanakan pesta demokrasi ini dengan aman, damai dan demokratis," ungkap Utopo usai dinyatakan sebagai pemenang pilkades.

Baca juga: Suami Lawan Istri di Pilkades, gara-gara H-5 Penutupan Tak Ada Calon yang Daftar

Utopo didampingi sang istri, Sutarti (46), kakak iparnya, Margono, serta Ketua Tim Sukses Suroso, Ketua Relawan Rois Akbar, tokoh ulama Haji Fuadiri SAg, serta sejumlah pengurus Kapang Jaya seperti Karyudi Sutajah Putra, Ali Suwongso, Ranoto, Sudiro, Supaatun dan sebagainya.

Berbekal kemenangan telak, 1.582 suara, Utopo berjanji akan mengayomi seluruh warga Ketapang, baik yang memilih maupun yang tidak memilihnya. 

"Pertandingan sudah berakhir, mari kita bersatu kembali untuk bersama-sama membangun desa Ketapang agar lebih maju, bermartabat dan religius," ujar cucu dari mantan Kepala Desa Ketapang Haji Mukti (alm) ini.

Baca juga: Suami Lawan Istri di Pilkades, gara-gara H-5 Penutupan Tak Ada Calon yang Daftar

Di sisi lain, Sutopo meminta warga Ketapang, termasuk para perantau yang tergabung dalam wadah Kapang Jaya untuk mengawal pemerintahannya agar senantiasa "on the right track' atau berada di jalur yang benar. 

"Insya Allah saya akan menjalankan pemerintahan yang partisipatif dan transparan. Ke dalam tentu juga akan ada pembenahan," jelasnya.

Pemegang nomor urut 3 itu juga mengajak para calon kades lainnya, yakni Suminto (1), Tardiyan (2) dan Sudiharto (4) untuk bersama-sama membangun Desa Ketapang

"Tanpa partisipasi semua pihak, saya bukan apa-apa," tukas kades terpilih yang low profile ini.

Tak lupa, Utopo menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas kerja keras tim sukses, relawan dan semua pihak yang membantunya.

 Tentu juga panitia yang telah bekerja keras, independen dan objektif.

Sementara itu, Kriswono SE dan Rantiyan SPd, Ketua Panitia dan Ketua Pengawas Pilkades Desa Ketapang, mengapresiasi para pemilih yang telah menggunakan hak pilih sebaik-baiknya, dengan Protokol Kesehatan Covid-19 yang cukup ketat. 

Menurut keduanya, partisipasi pemilih dalam Pilkades Desa Ketapang Tahun 2020 ini mencapai 85 persen.

"Ini partisipasi yang relatif tinggi. Masyarakat Ketapang sejak dulu memang patut dibanggakan karena nyaris tak ada masalah yang berarti dalam setiap pilkades. Masyarakat Ketapang sudah dewasa dalam berdemokrasi," ujar Rantiyan.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved