Breaking News:

Penanganan Covid

Dikawal Personel TNI-Polri, Gubernur Emil Pastikan Vaksin Covid-19 Tiba di Bandung Dengan Aman

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan vaksin merk Sinovac telah tiba dengan selamat dan aman.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja dengan penjagaan petugas kepolisian melakukan bongkar muat Envirotainer berisi vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (31/12/2020). Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac kembali tiba di Indonesia yang selanjutnya dibawa ke Bio Farma Bandung untuk dilakukan uji klinis. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 telah tiba di PT Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 18.00 WIB.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan vaksin merk Sinovac telah tiba dengan selamat dan aman.

Vaksin tersebut dikawal oleh sejumlah personel TNI dan Polri dari Bandara Soekarno-Hatta hingga tiba di Kota Bandung.

"Pak Kapolda (Irjen Pol Ahmad Dofiri) melaporkan jam 18.00 WIB paket vaksin sudah sampai ke gudang Bio Farma, dikawal oleh tim gabungan TNI-Porli," ujarnya usai menggelar inspeksi situasi malam tahun baru di Kota Bandung, Kamis (31/12/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, bahwa vaksin Covid-19 merupakan instrumen vital dalam memerangi Covid-19, oleh karenanya pemerintah enggan sembarangan dalam mengamankan vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19 tersebut.

Sehingga, teknis pengamanannya dilakukan dengan snagat ketat dengan penjagaan dan pengawasan tim gabungan bersenjata lengkap.

"Jadi pengamanan tidak hanya satpam Bio Farma. Di sana (Bio Farma) juga ada polisi dan TNI untuk memastikan barang yang sangat luar biasa berharga ini (vaksin Covid-19), tidak ada gangguan dalam proses perjalanan maupun penyimpanan, Insya Allah aman, itu jaminan dari kami (Pemprov Jabar)," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, tim gabungan TNI-Polri sebanyak 1.168 personel dikerahkan untuk mengawal perjalanan vaksin Covid-19 dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju ke kantor pusat PT Bio Farma di Jalan Dr Djunjunan atau Pasteur, Kota Bandung.

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 yang dibuat oleh perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac itu disimpan dalam sebelas kotak berpendingin khusus. Setelah tiba di Terminal Cargo 530 Bandara Udara Soekarno-Hatta pada Kamis (31/12/2020), kotak-kotak berisi vaksin tersebut, kemudian diangkut menggunakan empat truk kontainer.

Halaman
12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved