Breaking News:

Dua Perangkat TP-Link Dukung dalam Koordinasi Penanganan Bencana Gunung Merapi

Beberapa barak menggunakan TP-Link CPE610 dan EAP110-Outdoor sebagai backhaul dan akses point dengan hasil yang baik

ist
Akses atau jaringan internet sangat dibutuhkan masyarakat posko pengungsian korban erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta. Salah satunya bantuan dari router dari TPLink 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA  - Komunikasi menjadi hal sangat penting dalam penanganan bencana.

Peran perangkat jaringan internet menjadi sangat vital bagi posko kebencanaan pemerintah, relawan dalam mengatur koordinasi hingga logistik, komunikasi pengungsi dengan keluarga, terutama mendukung para siswa pelajar yang belajar online akibat pandemi.

Hal itulah yang juga terjadi dalam penanganan erupsi Gunung Merapi di Sleman, DI Yogyakarta belum lama ini, ketika TP Link bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyediakan akses Internet di lokasi pengungsian.

Saat itu, TP-Link mendonasikan 10 buah CPE610 dan 5 buah EAP110-Outdoor, dan menuai respon positif karena kehandalannya dalam membantu penanganan bencana Gunung Merapi.

Baca juga: Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran Sejauh 1000 Meter, PVMBG: Masyarakat Diminta Waspada

Seperti disampaikan Ketua APJII Pengurus Wilayah Yogyakarta Tigor Jonson Purba, pemasangan jaringan Wi-Fi tersebut beberapa barak menggunakan TP-Link CPE610 dan EAP110-Outdoor sebagai backhaul dan akses point dengan hasil yang baik.

Dengan kondisi alam yang berbukit dan pepohonan juga hampir selalu diguyur hujan lebat di lereng Merapi outdoor unit CPE610 dapat menghantarkan bandwidth internet yang memadai untuk satu barak.

EAP110-Outdoor juga dapat dengan mudah diakses di barak pengungsian yang terdiri dari tenda penampungan, dan gedung dengan bilik–bilik tersekat yang didiami masing masing keluarga pengungsi.

Baca juga: Update Aktivitas Gunung Api Semeru, Sinabung, Merapi, dan Ili Lewotolok

CPE610 memiliki kecepatan wireless hingga 300Mbps pada band 5GHz. Dilengkapi dengan antena high-gain 23dBi 2x2 MIMO dan metal reflector khusus yang ideal untuk pengaplikasian jarak jauh.

Latensi dan peredam noise yang lebih baik, dilengkapi dengan snap-lock yang inovatif membuat perakitan lebih cepat serta desain struktural yang kokoh membuat CPE610 stabil saat angin kencang / cuaca ekstrim lainnya.

“Perangkat ini juga dilengkapi dengan Weatherproof IP65, ESD 15 kV dan proteksi petir 6 kV memastikan kesesuaian untuk semua cuaca. Jadi memang tangguh.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved