Breaking News:

Kemenhub Siapkan Pembangunan Pelabuhan Terintegrasi di Maluku

Saat ini, Provinsi Maluku telah memiliki sejumlah infrastruktur transportasi seperti : 12 bandara dengan 8 rute perintis, dan 7 rute komersial.

dok.Kemenhub/HO
Menteri Perhubungan Budi Karya bersama Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dan Gubernur Maluku Murad Ismail Dalam kunjungan kerja ke Ambon. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan menyiapkan pembangunan pelabuhan terintegrasi dengan pusat kegiatan perikanan yang akan menjadi Kawasan Terpadu Pelabuhan Perikanan di Provinsi Maluku.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus menegaskan bahwa pelabuhan yang merangkap lumbung ikan di Maluku ini harus segera dikerjakan.

Menurut Budi, pihaknya telah melakukan studi secara mendalam dan didukung juga oleh studi yang dilakukan World Bank.

Baca juga: Dukung Konektivitas Antar Provinsi, Kemenhub Resmi Membuka Pelabuhan Kuala Tungkal di Jambi

"Bahwa daerah Tulehu, Ambon menjadi salah satu preferensi lokasi dibangunnya pelabuhan baru. Yang diintegrasikan dengan kegiatan perikanan,” ujar Budi melalui keterangan tertulisnya, Jumat (5/2/2021).

Budi menuturkan daerah Tulehu, Ambon menjadi salah satu alternatif tempat yang baik sebagai lokasi dibangunnya pelabuhan baru karena kondisi perairan yang tenang dan memiliki kedalaman yang baik.

“Kami akan menunjuk konsultan terbaik agar kita mendapatkan pelabuhan yang baik dengan kondisi perairan yang tenang, draft kedalaman yang baik, dan dengan biaya yang semurah-murahnya,” imbuhnya.

Baca juga: Kemenhub Pacu Digitalisasi Logistik untuk Tingkatkan Layanan Pelabuhan

Budi mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dasar dari pelabuhan baru ini akan dibangun menggunakan APBN. Selanjutnya, untuk pembangunan infrastruktur tambahannya akan dilakukan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dalam kunjungan kerja ke Ambon, Budi Karya bersama Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Bahlil mengatakan, kunjungan kerja ke Ambon kali ini adalah untuk melakukan sinkronisasi antara pembangunan pelabuhan baru, pelabuhan perikanan, dan kawasan perindustrian.

Halaman
12
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved