Breaking News:

Bencana Banjir

Temui Ganjar Pranowo, Menhub Bahas Penanganan Banjir Semarang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

istimewa
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Bandara Ahmad Yani, Semarang pada Minggu (7/2/2021). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Bandara Ahmad Yani, Semarang pada Minggu (7/2/2021).

Pertemuan keduanya untuk membahas penanggulangan musibah banjir di Semarang akibat cuaca ekstrem yang berdampak terhadap terganggunya operasional di simpul-simpul transportasi khususnya di Bandara dan Stasiun Kereta Api.

Baca juga: Stasiun Semarang Tawang Dikepung Banjir, KAI Daop 4 Alihkan Rute Perjalanan Kereta ke Lintas Selatan

“Hari ini saya rapat dengan Pak Gubernur Jateng, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Dirjen Perhubungan Udara, dan PT Angkasa Pura 1, untuk bersama-sama mencari solusi penanggulangan musibah banjir di Semarang yang berdampak pada operasional simpul transportasi seperti di Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang,” jelas Menhub dalam keterangannya.

Baca juga: Menhub Tinjau Stasiun Tawang yang Tergenang Banjir, Sementara Moda Kereta Diganti dengan Bus

Kementerian PUPR, kata Budi Karya, akan melakukan sejumlah langkah untuk menanggulangi banjir di Semarang.

Seperti membuat peredam air atau dam, serta melakukan pengerukan sungai dan membuat tanggul untuk mengantisipasi adanya rob (air pasang).

"Selain itu PT Angkasa Pura I juga akan melakukan langkah-langkah konkrit seperti menginventarisasi sistem pengendalian air, mengoptimalkan saluran pipa, menambah kapasitas pompa air untuk menyedot genangan air dengan cepat dan mengoptimalkan tanggul yang ada di bandara," ujar Budi Karya.

Baca juga: Terendam Banjir, 83 Hektar Sawah Petani Ponorogo Terancam Gagal Panen

Curah hujan yang tinggi di Semarang sejak Jumat (5/2/2021) mengakibatkan terjadinya genangan air di Bandara Internasional Ahmad Yani sehingga bandara tersebut tidak dapat beroperasi pada Sabtu (6/2/2021) kemarin.

Pada hari Minggu, genangan sudah surut dan bandara tersebut mulai beroperasi kembali secara terbatas.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved