Breaking News:

Kemensos Salurkan Bantuan Rp 203,8 Juta untuk Bencana di Jawa Tengah 

Kemensos salurkan bantuan logistik dan satunan kematian dengan nilai total Rp203,8 juta untuk korban terdampak banjir dan tanah longsor di Jawa Tengah

TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Sejumlah kendaraan roda dua terlihat macet akibat banjir di Jalan Pemuda depan Kantor Pos Besar Semarang dan perempatan Johar, Sabtu (6/2/21). Berikut ruas jalan yang terendam banjir di Kota Semarang, Jakan Dr Cipto setinggi 30cm, Jalan Muktiharjo arah Kaligawe dan Tlogosari banjir skitar 50cm, Jalan Jend sudirman 40cm, Nol kilometer depan Kantor Pos Semarang 40 cm, Jalan Citarum banjir sekitar 30 cm, Kawasan Kranggan deretan toko mas smpi gapura pecinan banjir smpi 40 cm, Pucang gading raya 30 cm, Jalan Mangkang Raya (depan aneka jaya) 40- 50 cm, Jalan Majapahit (DPN RSJ ) 30 cm, Tlogosari banjir 30 - 40 cm, Iman Bonjol (stasiun ponjol) banjir 20 cm, Kuala mas raya banjir 20 - 30 cm, Jalan Taman Tawang ( stasiun Tawang) banjir 20 - 40 cm dan Puri anjasmoro semarang indah dsknya ketinggian air +-30cm. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan logistik dan satunan kematian dengan nilai total Rp203,8 juta untuk korban terdampak banjir dan tanah longsor di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya termasuk Semarang.

"Kemensos sudah mendirikan dapur umum, dan bisa memproduksi 252 paket makanan siap saji," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui keterangan tertulis, Senin (8/2/2021).

Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan, Risma mengingatkan tingginya resiko yang harus dihadapi.

Namun solusi merelokasi, masih akan diserahkan kepada pemerintah Kota Semarang.

Petugas kepolisian dari SAR Polda Jateng sedang mengevakuasi lansia dari dalam Kampung Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang terdampak banjir, Minggu (7/2/2021). Dari pantauan Tribun Jateng, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, sedangkan di perkampungan mencapai perut orang dewasa. Sejumlah warga lanjut usia dievakuasi menggunakan perahu karet milik petugas SAR Polda Jawa Tengah ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, kondisi banjir itu juga dimanfaatkan warga sekitar untuk menjaring ikan di tengah air yang menggenang. Akses jalan lumpuh total sehingga transportasi umum tidak tampak beroperasi. Hanya terlihat beberapa jenis kendaraan berat pengangkut barang yang menerjang banjir. Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Petugas kepolisian dari SAR Polda Jateng sedang mengevakuasi lansia dari dalam Kampung Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, yang terdampak banjir, Minggu (7/2/2021). Dari pantauan Tribun Jateng, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, sedangkan di perkampungan mencapai perut orang dewasa. Sejumlah warga lanjut usia dievakuasi menggunakan perahu karet milik petugas SAR Polda Jawa Tengah ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, kondisi banjir itu juga dimanfaatkan warga sekitar untuk menjaring ikan di tengah air yang menggenang. Akses jalan lumpuh total sehingga transportasi umum tidak tampak beroperasi. Hanya terlihat beberapa jenis kendaraan berat pengangkut barang yang menerjang banjir. Tribun Jateng/Hermawan Handaka (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Risma mengatakan banjir terjadi karena curah hujan yang tinggi. 

"Yah bencana ini terjadi karena memang curah hujan sangat tinggi,” kata Risma. 

Kemensos telah menyalurkan bantuan logistik berupa makanan siap saji sebanyak 252 paket, makanan anak 90 paket, Kids Ware 32 paket,  Food Ware 25 paket, Peralatan Dapur Keluarga 25 paket.

Lalu Tenda Gulung 20 lembar, matras 25 lembar, Kasur Lipat 30 lembar, selimut 60 lembar, Paket Sandang 50 potong, dan Rompi Pelampung 10 potong. Total senilai Rp104.000.000.

Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kota Semarang seperti di wilayah Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (7/2/2021). Dari pantauan Tribun Jateng ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, sedangkan di perkampungan mencapai perut orang dewasa. Sejumlah warga lanjut usia dievakuasi menggunakan perahu karet milik petugas SAR Polda Jawa Tengah ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, kondisi banjir itu juga dimanfaatkan warga sekitar untuk menjaring ikan di tengah air yang menggenang. Akses jalan lumpuh total sehingga transportasi umum tidak tampak beroperasi. Hanya terlihat beberapa jenis kendaraan berat pengangkut barang yang menerjang banjir. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kota Semarang seperti di wilayah Kaligawe, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (7/2/2021). Dari pantauan Tribun Jateng ketinggian air mencapai lutut orang dewasa, sedangkan di perkampungan mencapai perut orang dewasa. Sejumlah warga lanjut usia dievakuasi menggunakan perahu karet milik petugas SAR Polda Jawa Tengah ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, kondisi banjir itu juga dimanfaatkan warga sekitar untuk menjaring ikan di tengah air yang menggenang. Akses jalan lumpuh total sehingga transportasi umum tidak tampak beroperasi. Hanya terlihat beberapa jenis kendaraan berat pengangkut barang yang menerjang banjir. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Selain itu, Kemensos juga mengirimkan bantuan berupa perahu evakuasi sebanyak satu unit dengan nilai Rp69.800.000. 

Kemensos juga memberikan alokasi santuan ahli waris untuk dua korban tertimbun tanah longsor di Desa Jomlang, Kecamatan Candi Sari, Kota Semarang masing-masing Rp15 juta sehingga total senilai Rp30 juta. 

Total bantuan Kemensos untuk korban terdampak banjir dan tanah longsor di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya termasuk Semarang, sebesar Rp203.800.000. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved