Breaking News:

10 Kabupaten/Kota di Jabar Dilanda Banjir dan Tanah Longsor: Bekasi, Subang Hingga Majalengka

10 kabupaten dan kota di Jawa Barat mengalami bencana banjir, longsor, dan angin kencang, dalam kurun waktu 6-7 Februari 2021.

WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Pantauan udara debit air sepanjang bantaran Kali Ciliwung di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, sangat tinggi pada Senin (8/2/2021). Ketinggian air tersebut kiriman dari Bendungan katulampa yang membuat sejumlah pemukiman di bantaran kali Ciliwung terendam banjir. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setidaknya 10 kabupaten dan kota di Jawa Barat mengalami bencana banjir, longsor, dan angin kencang, dalam kurun waktu 6-7 Februari 2021.

Sebagian besar dipicu oleh hujan deras yang turun sejak beberapa hari lalu.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu, mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dnegan BPBD di tingkat kota dan kabupaten untuk menangani deretan bencana tersebut.

"Ini seluruh kejadian tanggal 6 dan 7 Februari 2021, sampai pukul 06.00 tadi," katanya melalui ponsel, Senin (8/2/2021).

Berikut adalah data bencana yang dihimpun oleh BPBD Jabar pada dalam periode 6-7 Februari 2021:

1. Banjir dan Angin Kencang di Kabupaten Bekasi

Pada Sabtu 6 Februari 2021, pukul 05.00 WIB, banjir melanda Kecamatan Cikarang Utara, Babelan, Cibitung, Muraagembong, Cabangbungin, Pebayuran, Sukawangi, Sukatani, Cikarang Timur, Cikarang Barat, dan Tambun Selatan, di Kabupaten Bekasi.

Banjir merendam pemukiman warga di Kampung Lebak, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (8/2/2021). BPBD mencatat 94 lokasi banjir di Kota Bekasi terendam banjir.
Banjir merendam pemukiman warga di Kampung Lebak, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (8/2/2021). BPBD mencatat 94 lokasi banjir di Kota Bekasi terendam banjir. (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Banjir ini menyebabkan 4.412 keluarga yang menghuni 1.343 rumah terdampak.

Penyebabnya adalah hujan dengan intensitas tinggi memicu luapan Kali Ulu, Kali Cilemahabang, dan Kali Cikarang.

Angin kencang melanda Perum Graha Cipta Tamansari di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu 6 Februari 2021 dan menyebabkan satu unit rumah terdampak.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved