Breaking News:

Jaringan Fiber Optik Palapa Ring Barat Terputus, Koneksi Internet di Natuna Mengalami Gangguan

Koneksi internet di wilayah Natuna, Anambas dan Singkawang sempat mengalami gangguan jaringan karena terputusnya jalur fiber optik Natuna-Anambas.

IST
Ilustrasi gangguan jaringan. Pastikan Anda mengakses koneksi internet yang aman. Karena saat Anda memakai jaringan WiFi publik, mungkin saja jaringan tersebut dienkripsi sehingga siapapun yang ada di jaringan tersebut bisa memantau aktivitas Anda di internet. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koneksi internet di wilayah Natuna, Anambas dan Singkawang sempat mengalami gangguan jaringan pada 2-3 Februari 2021.

Hal ini disebabkan terputusnya jalur fiber optik Natuna-Anambas.

Direktur PT Palapa Ring Barat Syarif Lumintarjo mengatakan, koneksi jaringan di wilayah Natuna memang sempat mengalami gangguan akibat terputusnya jalur fiber optik.

Meski begitu, lanjut Syarif, saat ini gangguan jaringan sudah kembali pulih dan dapat dinikmati kembali oleh masyarakat di Singkawang-Natuna-Anambas.

"Putusnya jaringan Palapa Ring Barat, bukan hal yang pertama terjadi. Tetapi peristiwa kali ini, berdampak pada terganggunya akses telekomunikasi di Kepulauan Anambas dan Natuna," kata Syarif dalam konferensi virtual, Kamis (11/2/2021).

Baca juga: Peringatan BMKG Kamis, 11 Februari 2021: Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Natuna Utara

Ia juga menjelaskan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk proses pemulihan jaringan agar dapat dilaksanakan secepatnya.

"Saat ini, masyarakat berangsur sudah bisa mendapatkan akses komunikasi melalui akses dari jaringan lain untuk sementara hingga perbaikan selesai," kata Syarif.

Syarif juga mengungkapkan, saat ini kabel optik yang terputus sedang dalam pengerjaan pemulihan secara intensif.

Baca juga: TNI AL Tangkap Kapal Ikan Taiwan yang Lakukan Ilegal Fishing di Laut Natuna Utara

Terputusnya kabel optik ini, lanjut Syarif, memang sangat berdampak terhadap wilayah Kepulauan Anambas dan Natuna.

"Akibat putusnya kabel optik ini, masyarakat dan pemerintah Kepulauan Anambas tidak mendapatkan jaringan akses telekomunikasi dengan maksimal," ucap Syarif.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved