Breaking News:

Kemnaker: Kawasan Industri Batam Bakal Dibangun Balai Latihan Kerja

Kemnaker berencana menjadikan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau sebagai pionir pendirian BLK di tengah kawasan industri.

Dok Kemnaker
Lokasi balai latihan kerja (BLK) di kawasan industri Batam Rabu (17/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengumumkan akan membangun balai latihan kerja (BLK) di kawasan industri Batam.

Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan pada Rabu mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki banyak kawasan industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja kompeten dan memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Sayangnya belum ada satu pun kawasan industri yang memiliki BLK Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP) milik Kemnaker.

Baca juga: Turunkan Angka pengangguran, Kemnaker Optimalkan Kinerja Pengantar Kerja

Oleh karena itu, Kemnaker berencana menjadikan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau sebagai pionir pendirian BLK di tengah kawasan industri.

“Nantinya, BLK Kota Batam akan difokuskan pada program pelatihan kerja yang dikhususkan pada jenis-jenis kejuruan yang dibutuhkan oleh industri-industri yang berada di sekitar kawasan Batam,” kata Budi dalam keterangannya, Rabu (17/2/2021).

Pada acara penyerahan sertifikat tanah pembangunan BLK Batam, Budi mengatakan ketersediaan pelatihan kerja akan merujuk pada pertumbuhan dan perkembangan industri di sekitar Batam serta disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerjanya.

Nantinya SDM yang akan dihasilkan oleh BLK Kota Batam ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri, baik di wilayah Kota Batam maupun Provinsi Kepulauan Riau secara keseluruhan.

"Beberapa kejuruan yang kami rekomendasikan antara lain las, teknik manufaktur, teknik listrik, logistik, teknologi informasi, komunikasi, otomotif, dan pariwisata," tambah Dirjen Budi.

Baca juga: Kemnaker Gelar Debat Virtual Ketenagakerjaan 2021

Dirjen Budi mengharapkan kapasitas BLK Batam yang akan dibangun di atas lahan seluas 4,2 hektar ini dapat menjadi pusat tenaga kerja terampil di Kawasan Industri Kabil.

Sehingga dapat memenuhi tenaga kerja terampil di wilayah Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved