Breaking News:

Menhub: Revitalisasi Terminal Harjamukti Cirebon Diharapkan Bisa Optimalkan Pelayanan

Pengelolaan terminal Harjamukti, kata Menhub, dapat melibatkan pihak swasta untuk mengurangi ketergantungan terhadap APBN yang terbatas.

Handout/istimewa
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau progres revitalisasi Terminal Harjamukti dan uji coba kendaraan uji kir keliling (non statis), Sabtu (13/3). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres revitalisasi Terminal Harjamukti dan uji coba kendaraan uji kir keliling (non statis) yang tengah dilakukan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Budi mengatakan Terminal Harjamukti sudah mulai dibangun. Diharapkannya ada warna, desain, dan suasana baru di terminal tersebut. Ia berpesan agar dalam pembangunan tersebut dapat meningkatkan pelayanan.

"Selain dapat mengoptimalkan pelayanan, tetapi jangan lupa juga harus mengekspose kearifan lokal. Misalnya di Cirebon ada batik, harus diekspos batiknya. Karena kearifan lokal itu menjadi sesuatu yang baik bagi suatu daerah,” ujarnya, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (13/3).

Baca juga: Kemenhub Siapkan Program Vaksinasi Covid-19 untuk Para Kru Transportasi

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Direktur Sarana Transportasi Jalan Risal Wasal.

Budi mengapresiasi jajaran Ditjen Perhubungan Darat yang telah berupaya melakukan pembangunan dan telah melakukan kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah.

Budi meminta progres pembangunan dapat dimonitor dengan baik sehingga bisa diselesaikan tepat waktu.

Pengelolaan terminal Harjamukti, kata dia, dapat melibatkan pihak swasta untuk mengurangi ketergantungan terhadap APBN yang terbatas.

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Masih Diinvestigasi, Kemenhub Sebut Bus Sri Padma Kencana Telat Uji KIR

"Karena APBN kita tidak banyak, saya mengharapkan agar pembangunan terminal ini bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta. Supaya terminal bisa membiayai dirinya sendiri melalui capex atau opex,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi juga meninjau uji coba penerapan kendaraan uji kir keliling.

Halaman
12
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved