Anton Medan Meninggal Dunia

Kisah Anton Medan Siapkan Liang Lahat Sendiri Sejak 19 Tahun Silam, Digali Sebelum Dirikan Pesantren

Sebelum wafat, mubaligh Ramdhan Effendi atau Anton Medan sudah menyiapkan liang lahat untuk pemakaman dirinya.

Editor: Adi Suhendi
Tribunnews.com/Istimewa
Anton Medan atau Muhammad Ramdhan Effendi 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Sebelum wafat, mubaligh Ramdhan Effendi atau Anton Medan sudah menyiapkan liang lahat untuk pemakaman dirinya.

Anton Medan diketahui menghebuskan nafas terakhir di kediaman pribadinya, Kampung Bulak Rata, Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (15/3/2021) sore.

Pria pemilik nama Tiong Hoa, Tan Kok Liong itu diketahui sudang menyiapkan liang lahat untuk dirinya sejak 19 tahun silam.

Kuburan yang bakal menjadi tempat peristirahatan terakhirnya itu berada di area pondok Pesantren Attaibin yang berlokasi di Kampung Bulak Rata RT 2/8, Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Jenazah Anton Medan Rencananya Dimakamkan Besok, Lantunan Ayat Alquran Berkumandang di Rumah Duka

Lalu bagaimana penampakan liang lahat Anton Medan ini?

TribunnewsBogor.com pernah berkesempatan mendatangi lokasi liang lahat atau kuburan yang akan menjadi tempat disemayamkannya jasad Mubalig pemilik nama Ramdhan Effendi itu.

Makam Ditengah Pesantren

Makam Anton Medan berada ditengah pesantren yang dibangunnya sejak 19 tahun lalu sekitar tahun 2002.

Sejak dulu almarhum memang bercita-cita membangun sebuah pondok pesantren bagi mualaf Tiong Hoa dan mantan nara pidana yang ingin belajar agama.

Pada tahun 2002 cita-citanya pun terwujud membangun sebuah pondok pesantren.

Namun, saat itu yang pertama kali dibangun oleh Anton Medan yakni kuburan yang akan menjadi tempat peristirahatan akhirnya.

Baca juga: Sebelum Wafat, Anton Medan Telah Siapkan Liang Lahat Sendiri Untuk Pemakamannya, Ini Penampakannya

"Yang pertama dibangun pertama oleh Bapak (Anton medan, red) kuburannya dulu, terus dilanjutin ngebangun pondok pesantren," kata Deni Chunk (41) pengurus Pondok Pesantren Attaibin saat ditemui TribunnewsBogor.com beberapa waktu lalu.

Lokasi yang nantinya menjadi tempat pemakanam Anton Medan itu pun berada tepat disebalah kanan Masjid Tan Kok Liong yang di desain dengan gaya bangunan Tiong Hoa.

Lokasi makam yang disiapkan Anton Medan di komplek Pesantren Attaibin, Cibinong, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Damanhuri)
Lokasi makam yang disiapkan Anton Medan di komplek Pesantren Attaibin, Cibinong, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Damanhuri) ((TribunnewsBogor.com/Damanhuri))

Menurut Deni, kuburan itu memiliki kedalaman sekitar 160 centimeter dan panjang 2 meter.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved