Breaking News:

Aliran Hakekok di Pandeglang

Kasus Ritual Mandi Bersama Pengikut Aliran Hakekok, Bertaubat dan Teken Surat Perjanjian

Pimpinan aliran Hakekok Balakasuta, Aryani bersama belasan pengikutnya menandatangani surat perjanjian dan mengucapkan dua kalimat syahadat

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Sebanyak 16 pengikut aliran sesat Hakekok Balakasuta kembali ke tempat tinggal masing-masing, pada Kamis (25/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Kasus aliran Hakekok yang punya ritual mandi telanjang bersama di tengah perkebunan menemui babak akhir.

Pimpinan aliran Hakekok Balakasuta, Aryani bersama belasan pengikutnya menandatangani surat perjanjian dan mengucapkan dua kalimat syahadat di depan Forkopimda serta Muspika Cigeulis di kantor Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (25/3/2021).

Hal itu dilakukan sebelum mereka dikembalikan ke tempat tinggal mereka di Kampung Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: Pelepasan Penganut Aliran Hakekok Pandeglang, Menangis Dengar Ceramah Abuya Muhtadi 

Diketahui, Hakekok adalah kelompok ajaran spiritual asal Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten. Salah satu ritualnya adalah mandi bertelanjang tubuh bersama, yang bertujuan untuk menyucikan diri.

Sebanyak 16 warga yang mengikuti ajaran Hakekok menggelar ritual mandi telanjang bersama di tengah perkebunan. Ritual tersebut diikuti oleh laki-laki dan perempuan dewasa serta anak-anak.

Belakangan diketahui jika ritual tersebut digelar untuk menyucikan diri setelah menunggu bertahun-tahun, berharap kaya namun tidak terkabul.

Komitmen

Surat perjanjian yang juga turut mereka bacakan berisi komitmen untuk tidak mengulangi menjalankan ajaran yang menyimpang dari ajaran Islam.

Mereka berjanji menjalani proses hukum sesuai perundang-undangan jika kelak melakukan ajaran yang sama.

Baca juga: Pengikut Aliran Hakekok Ternyata Tinggal Berpindah-pindah, Kadang Menumpang, Kerja Serabutan

Usai membacakan surat perjanjian tersebut, Aryani menyampaikan penyesalan atas sejumlah ritual dari aliran Hakekok yang pernah dilakukannya bersama belasan pengikutnya.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved