Breaking News:

25 UMKM Ramaikan Gelaran Virtual Exhibition Kota Padang 2021

Pameran virtual ini sebagai wujud pemulihan ekonomi bagi UMKM di sektor kepariwisataan Kota Padang terutama peningkatan aktivitas pemasaran.

ISTIMEWA
Virtual Exhibition Kota Padang 2021, 16 April - 6 Mei. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 25 stand UMKM dari bidang kuliner, kerajinan, pariwisata dan ekonomi kreatif meramaikan Virtual Exhibition Kota Padang 2021, 16 April - 6 Mei.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan pameran virtual ini sebagai wujud pemulihan ekonomi bagi UMKM di sektor kepariwisataan Kota Padang terutama peningkatan aktivitas pemasaran.

"Kami Dinas Pariwisata Kota Padang sangat mengapresiasi Program LOCALISE SDGs yang memberikan peluang bagi pelaku UMKM dan pegiat pariwisata untuk bangkit kembali dalam keterpurukan," ujar Arfian, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Kecelakaan Maut di Sitinjau Lauik Padang, Truk Tabrak 6 Kendaraan, Bocah 3 Tahun dan Ibunya Tewas

Penyelenggaraan virtual exhibition ini merupakan tindak lanjut dari virtual events di masa pandemi Covid-19 sebagai bagian dari program LOCALISE SDGs. 

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan dukungan finansial dari Uni Eropa.

LOCALISE SDGs melihat adanya kebutuhan dari pemerintah daerah untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi. 

Kota Padang merupakan satu dari 5 daerah target LOCALISE SDGs terpilih yang mendapatkan asistensi teknis pemulihan pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif/UMKM.

"Pemilihan itu didasari beberapa kriteria daerah seperti, seperti: adanya prioritas pembangunan di sektor pariwisata, partisipasi aktif daerah dalam rangkaian acara daring LOCALISE SDGs, adanya kebutuhan dalam pemulihan pariwisata, serta penyampaian komitmen tertulis dari kepala daerah dan/atau kepala dinas," tuturnya.

Baca juga: VIRAL Video Bocah Tawuran di Hari Pertama Puasa di Kota Padang, Kejar-kejaran dan Saling Lempar Batu

Sementara itu, KAI Wisata merupakan subsidiary PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang secara khusus diberikan mandat untuk mengelola wisata menggunakan kereta serta mengembangkan destinasi wisata dan pendukung pariwisata Indonesia. 

Perusahaan ini telah mendapatkan predikat virtual expert event organizer. 

"Kami sangat support akan pemulihan industri pariwisata dan UMKM untuk dapat bangkit di masa pandemi ini sehingga seluruh stakeholder pariwisata terus survive dan menyiapkan kunjungan wisatawan setelah masa pandemic ini melalui event virtual exhibition ini," ujar President Director PT KA Wisata Hendy Helmy.

Dilaksanakan selama 20 hari, pameran virtual ini dapat diakses melalui https://kaiwisataevent.com/kotapadang/

Event ini menjadi bagian dari upaya bersama Pemerintah Kota Padang bersama UCLG ASPAC dan APEKSI, serta KAI Wisata sebagai konsultan yang ditunjuk untuk memberikan asistensi teknis kepada Kota Padang, untuk memastikan bahwa sektor ekonomi kreatif di Kota Padang tetap hidup.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved