Pesan Gubernur NTT ke KSOP Kupang: Digitalisasi Pelabuhan Penting untuk Kemajuan Ekonomi

Viktor berharap Mayor Sandi memiliki pikiran-pikiran segar dan inovatif untuk memajukan pelabuhan bersama semua stakeholder.

KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat berpesan kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang, Mayor (Mar) Sandi Varikta saat menyambangi kantornya, Rabu (19/5/2021).

Dalam pertemuan silaturahmi ini, Viktor berharap Mayor Sandi memiliki pikiran-pikiran segar dan inovatif untuk memajukan pelabuhan bersama semua stakeholder.

Dengan begitu pelabuhan semakin modern dan memiliki atmosfir serta cara kerja profesional melalui digitalisasi, modernisasi dengan penerapan sistem IT terbaik.

Baca juga: Gubernur Viktor Laiskodat: Rakyat NTT Menginginkan Jokowi 3 Periode, Asalkan

Viktor menekankan, sektor pelabuhan harus bisa cepat beradaptasi dengan digitalisasi, termasuk pengembangan manajemen kepelabuhanan agar bisa terkoneksi secara menyeluruh dan global.

"Kita tidak boleh lagi menerapkan sistem kerja manual. Komitmen kita di akhir 2022, kita sudah berada pada satu sistem kerja digital. Tidak ada pilihan lain, selain kita harus bisa kerja dengan sistem digital di era ini," ujar Viktor, dalam keterangan tertulis, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Senator NTT: BUMDes Belum Efektif Tingkatkan Ekonomi Desa 

Menurutnya, negara yang berkembang dengan digitalisasi bisa bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Untuk itu, Viktor meminta pola kerja kepelabuhanan juga harus bisa dikembangkan agar bisa menjadi industri bagi kemajuan perekonomian.

Disisi lain, perlu adanya pembenahan lalu lintas logistik dengan baik, khususnya logistik yang diangkut melalui transportasi laut.

Jika pengelolaan logistik tertata dan dikelola dengan baik, maka pasti akan membawa kemajuan yang sangat signifikan bagi perekonomian daerah.

"Proses pembenahan perlu terus dilakukan, agar kedepan pelabuhan Tenau dapat menjadi pusat bisnis dan perdagangan. Ini merupakan bagian dari komitmen saya untuk mengembangkan bandara dan pelabuhan di NTT," tekan Viktor.

Sementara itu, Mayor (Mar) Sandi Varikta menyatakan siap untuk mendapatkan berbagai masukan demi sebuah perubahan besar di pelabuhan. Perwira muda ini menegaskan dirinya komitmen membuat perubahan di NTT terutama pada sektor pelabuhan.

"Sejak dilantik keinginan untuk membuat perubahan makin kuat, manakala saya menginjakkan kaki pertama di KSOP Kelas III Kupang pada tanggal 29 Maret 2021 lalu," ungkap Sandi.

Lebih jauh, Sandi Varikta berharap dalam pengembangan pelabuhan ke depan masyarakat lokal juga perlu diberdayakan dengan optimal, agar memberi hasil maksimal bagi ekonomi masyarakat juga.

“KSOP Kelas III Kupang selaku Perwakilan Kementerian Perhubungan yang berada di daerah, siap mendukung apa yang menjadi kebijakan Gubernur VBL," jelas Varikta.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Kepala Bidang Kepelabuhanan Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Mahadin dan Hery Ngiso, selaku Kepala Bidang Angkutan Pelayaran Dinas Perhubungan Provinsi NTT.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved