Breaking News:

Pantaskah Anak Anggota DPRD Bekasi Pelaku Pemerkosaan Menikahi Korbannya? Ini Kata Psikolog

Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel menilai menikahkan korban pemerkosaan dengan pelaku adalah bentuk diversi.

UPI.com
Ilustrasi pelecehan - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel menilai menikahkan korban pemerkosaan dengan pelaku adalah bentuk diversi. 

TRIBUNNEWS.COM - Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel ikut menanggapi polemik anak anggota DPRD Bekasi yang menjadi tersangka kasus pemerkosaan anak di bawah umur, AT (21), yang berniat menikahi korbannya berinisial PU (15).

Reza mengatakan, pada dasarnya, anak-anak berumur 15 tahun sudah punya kematangan seksual karena organ reproduksi dan hasrat seksualnya sudah muncul.

Untuk itu, Reza menilai, pelaku dan korban bisa melakukan hubungan seksual yang berisiko jika tidak dipandu dengan baik.

Baca juga: Niat AT Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Menikahi Korban Pelecehan Seksual Dinilai Tak Tulus

Reza pun menuturkan, dari sisi psikologis, seks mau sama mau pada usia tersebut memang dimungkinkan terjadi.

Namun, ia menekankan, melakukan hubungan seksual dengan anak tidak bisa dibenarkan.

"Tapi dari sisi hukum, dengan latar psikologis apa pun, seks dengan anak tetap tak bisa dibenarkan. Seks dengan anak, dari kacamata UU Perlindungan Anak, tetap merupakan kejahatan," ujarnya kepada Tribunnews.com, Kamis (27/5/2021).

Secara positif, menurut Reza, hal itu merupakan perlindungan ekstra bagi anak.

Ahli Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel
Ahli Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel (Tangkap layar kanal YouTube Baitul Maal Hidayatullah)

"Tapi UU yang sama tutup mata terhadap kompleksitas perkembangan seksual anak-anak yang sesungguhnya berbeda antara usia satu dan usia lainnya," kata Reza.

Sikap apriori UU tersebut, lanjut Reza, bisa menjadi kendali bagi tegaknya keadilan di samping membuat program rehabilitasi.

Sebab, menurutnya program rehabilitasi menjadi kurang tepat sasaran, jika kasus yang terjadi benar-benar kejahatan seksual.

Halaman
123
Penulis: Inza Maliana
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved