Breaking News:

Cerita Pelaku Pungli di Mojokerto, Dapat Rp12 Juta Sebulan, Modus Beri Karcis Parkir ke Sopir Truk

Ini cerita pelaku pungli di Kabupaten Mojokerto, dapat penghasilan uang sebesar Rp 12 juta per bulan. Modus berikan karcis parkir ke sopir truk.

Mohammad Romadoni/Suryamalang.com
Pelaku pungli terhadap sejumlah sopir truk di kawasan Ngoro Industrial Park (NIP) diamankan di Polres Mojokerto. 

TRIBUNNEWS.COM - Penangkapan pelaku tindakan premanisme dan pungutan liar (pungli) dilakukan jajaran kepolisian di sejumlah daerah.

Termasuk yang terjadi di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Polres Mojokerto berhasil meringkus seorang pelaku bernama Khoirul Basori.

Pria berumur 33 tahun itu melakukan tindakan premanisme dan pungli terhadap sopir truk di kawasan Ngoro Industrial Park (NIP) Kabupaten Mojokerto.

Tersangka asal Dusun Sukorejo, Desa Lolawang, Ngoro, Kabupaten Mojokerto, ini memperoleh keuntungan pribadi dari hasil tindakan premanisme dan pungli berkedok karcis parkir sebanyak Rp12 juta setiap bulan.

Baca juga: Pungli Truk di Tanjung Priok Disebut Ulah Preman, Palak Uang Hingga HP Jutaan Rupiah

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Aleksander, mengatakan berdasarkan keterangan tersangka sudah beraksi melakukan tindakan premanisme dan Pungli selama delapan tahun.

Modus tersangka yakni memberikan karcis parkir dan kuitansi berlogo karangtaruna dengan tarif senilai Rp5.000-10.000, pada setiap sopir truk yang masuk dan melakukan bongkar/muat di kawasan industri NIP Kecamatan Ngoro.

"Ada 70 truk sampai 80 unit truk beraktivitas bongkar muat di kawasan NIP Ngoro yang menjadi target tersangka melakukan tindakan premanisme dan Pungli senilai Rp5 ribu hingga Rp10 ribu sehingga dalam satu hari saja nilainya sekitar Rp700 ribu," ungkapnya di Mapolres Mojokerto, Senin (14/6/2021).

Dony mengatakan hasil penyidikan terhadap tersangka mengaku dia hanya mendapat Rp12 juta per bulan dari tindakan premanisme dan Pungli tersebut.

Sedangkan, tersangka rutin setor pada pihak karangtaruna setempat sebanyak Rp200 ribu per bulan.

Halaman
123
Editor: Endra Kurniawan
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved