Breaking News:

Empat Hari Pascabanjir Kabupaten Kayong Utara Kalbar Tinggi Muka Air Menurun

7 desa yang kebanjiran diantaranya Desa Sei Mata-mata dan Medan Jaya di Simpang Hilir, Desa Tanjung Satau, Satai Lestari dan Kemboja di Pulau Maya

Dok. Polres Kayong Utara
Aparat gabungan melakukan evakuasi para korban longsor di Kayong Utara, Rabu 14 Juli 2021. Satu orang berjenis kelamin perempuan meninggal dunia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tinggi muka air (TMA) kawasan tergenang banjir di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat menurun. 

Hal tersebut dipantau BPBD setempat pada hari ini, Sabtu (17/7/2021). BPBD berharap aktivitas masyarakat dapat segera pulih setelah banjir berangsur surut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara juga melaporkan mobilitas masyarakat masih terganggu karena beberapa akses jalan belum dapat dilewati. 

Di samping itu, kegiatan perekonomian belum sepenuhnya berjalan, seperti pertokoan yang terendam banjir. 

Namun demikian, sebagian kecil warga, seperti di Dusun Tanjung, Desa Tanjung Satai, telah membuka toko mereka. Kondisi cuaca cerah diharapkan dapat mempercepat surutnya genangan. BPBD memantau TMA berkisar 10 - 30 cm di beberapa titik. 

Baca juga: Banjir dan Longsor Landa Kayong Utara Kalbar, 1 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Selain terdampak banjir, beberapa titik longsor terjadi di kabupaten ini. Perkembangan terkini pascalongsor, BPBD dan instansi terkait masih melakukan upaya pencarian terhadap 1 warga korban longsor yang belum ditemukan. 

BPBD Kabupaten Kayong Utara mencatat 7 desa di tiga kecamatan terdampak banjir. 

Ketujuah desa tersebut yaitu Desa Sedahan Jaya dan Sejahtera di Kecamatan Sukadan, Desa Sei Mata-mata dan Medan Jaya di Simpang Hilir, dan Desa Tanjung Satau, Satai Lestari dan Kemboja di Pulau Maya. 

Kejadian banjir yang disertai longsor ini mengakibatkan pengungsian, jatuhnya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

Halaman
12
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved