Breaking News:

Liputan Khusus

Inilah Ciri-Ciri Investasi Bodong, Kenali dengan Baik

Seperti apa ciri-ciri investasi bodong? Andhi Wijayanto, SE, MM | Dosen Keuangan FE Unnes, menguraikannya dengan rinci.

KONTAN/DIMAS
Ilustrasi 

Andhi Wijayanto, SE, MM |

Dosen Keuangan FE Unnes

MEMANG akhir-akhir ini makin banyak korban penipuan investasi bodong. Rata-rata korban investasi bodong tergiur janji pengembalian dan keuntungan yang tinggi.

Menurut OJK sekarang ini marak modus penipuan titip dana yang mengatasnamakan perusahaan resmi. Modus penipuan ini marak disebarkan melalui layanan SMS, telegram maupun WhatsApp (WA).

Masih rendahnya tingkat literasi keuangan menjadi salah satu faktor masih merebaknya tawaran-tawaran terkait investasi bodong ini.

Tahun 2019 OJK menyebut tingkat literasi keuangan sebesar 38,03%, artinya bahwa masyarakat Indonesia yang sudah melek keuangan baru mencapai 38 persen, sedangkan sisanya sebesar 62 persen masih belum melek keuangan. Artinya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham terkait masalah keuangan baik itu terkait investasi maupun layanan keuangan lainnya.

Nah di saat pandemi begini banyak orang terdampak ekonominya. Pengembangan usaha sulit karena pemberlakuan PPKM. Nah celah itu dimanfaatkan oleh penipu untuk memberikan janji-janji pengembangan uang dalam waktu singkat dan tidak ribet.

Karena tergiur iming-iming dan janji penipu investasi bodong, maka orang tidak mempertimbangkan akal sehat lagi ketika mendapatkan tawaran tersebut. Yang dipikir adalah mendapatkan hasil tinggi yang bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tapi faktanya, dana yang dititipkan kepada investasi bodong tersebut akhirnya digelapkan oleh pelaku. Penyebab utama orang mudah tertipu, karena tingkat literasi keuangan masyarakat masih rendah.

Baca juga: Tergiur Invetasi Bodong Uang Siswanto Rp 60 Juta Lenyap

Ciri ilegal

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved