Breaking News:

Perkembangan Jalan Trans Papua Menjelang Gelaran PON XX Papua

Trans Papua telah tembus sepanjang 3446 KM, dengan status belum teraspal 1.712 KM dan teraspal 1.733 KM.

Editor: Toni Bramantoro
Dok. pribadi Billy Mambrasar
Billy Mambrasar yang juga merupakan Putera Asli Papua meninjau dan berkeliling secara langsung melihat perkembangan jalan Trans Papua. 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Hingga saat ini menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, perkembangan Trans Papua telah tembus sepanjang 3446 KM, dengan status belum teraspal 1.712 KM dan teraspal 1.733 KM.

Pembangunan jalan ini akan terus berlanjut dengan diiringi pembangunan sekolah, perguruan tinggi, tempat keagamaan, Pusat Lintas Batas Negara (PLBN) yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Presiden Jokowi mengutus Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar yang juga merupakan Putera Asli Papua untuk meninjau dan berkeliling secara langsung melihat perkembangan jalan Trans Papua.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi yang terus mendukung percepatan pembangunan Papua dan Papua Barat, juga seluruh jajaran Kementerian PUPR yang terus berkomitmen mengurangi kesenjangan antar daerah. Kita semua berharap, Papua berkembang layaknya daerah maju lainnya. Ayo bersama-sama kita wujudkan itu semua," ungkap Billy Mambrasar.

Dalam video di channel Youtube 'Untukmu Indonesiaku' yang diupload pada Jumat (24/9/2021) berisikan rangkuman dari perjalanan dinas Billy di Papua dan Papua barat selama empat bulan terakhir yakni dari Juni hingga September 2021 bersama Tim Bawa Perubahan (BAPER) melintasi 15 Kabupaten, 66 Distrik dan 278 Kampung.

Perjalanan tersebut sekaligus juga untuk mendengar langsung keluh kesah masyarakat untuk disampaikan ke Presiden Joko Widodo, serta menyampaikan salam sayang Presiden Jokowi untuk rakyat.

"Akses jalan tersebut kini dapat dipergunakan oleh petani untuk dapat memasarkan produk pertaniannya ke kota dan akses pasar terdekat, bahkan ke kabupaten tetangga," tulis video tersebut.

Sebagian besar masyarakat yang ditemui menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Khususnya Kementerian PUPR yang secara konsisten terus melakukan pembangunan di tanah Papua.

"Terima kasih untuk Bapak Presiden telah membantu kami mama-mama di Papua (dalam menjalankan) usaha ini," kata seorang ibu berkerudung biru dalam video.

Dalam video yang berdurasi 4:45 menit tersebut terlihat keindahan pemandangan Papua melalui Jalan Trans Papua yang segera selesai dibangun oleh Presiden Joko Widodo, untuk mendorong percepatan Pembangunan Kesejahteraan, khususnya Masyarakat Asli Papua ini.

Di akhir video dituliskan visi besar Presiden Jokowi satu.

"Membangun Papua secara holistik dan terintegrasi, bangun fisik dan infrastrukturnya, lindungi alamnya, dan yang paling utama cintai dan bangun manusia orang asli Papua," tulisnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan infrastruktur ini merupakan satu proyek utama Presiden Jokowi yang masuk kedalam proyek strategis nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Proyek Trans Papua bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antar wilayah sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi.

Selain itu, pembangunan Trans Papua juga diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved