Breaking News:

Transfer Anggaran Provinsi Berbasis Ekologis Kaltara Beri Manfaat Nyata di Kabupaten Tana Tidung

TAPE merupakan salah satu gagasan dari skema Ecological Fiscal Transfer (EFT), yang diberikan pemerintah provinsi pada pemerintahan kabupaten/kota

capture zoom meeting
Bappeda Litbang Kabupaten Tana Tidung, Siti Aisyah, ST dalam Podcast Seri 2, TAPE Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (28/9). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Transfer Anggaran Provinsi Berbasis Ekologis (TAPE) Kalimantan Utara (Kaltara) mempunyai manfaat yang nyata dalam mengembangkan kelestarian hidup di Kabupaten Tana Tidung.

Hal ini diungkapkan dalam podcast 'Kepala daerah Penggagas Insentif Fiskal Berbasis Ekologi' seri ke-2 Transfer Anggaran Provinsi berbasis Ekologi (TAPE) Provinsi Kaltara, Selasa (28/9).

“Manfaatnya besar sekali. Masyarakat semakin percaya bahwa menjaga lingkungan itu ada manfaatnya dari segi kesehatan dan lingkungan hidup,” kata Bappeda Litbang Kabupaten Tana Tidung, Siti Aisyah. 

TAPE merupakan salah satu gagasan dari skema Ecological Fiscal Transfer (EFT), yang diberikan oleh pemerintah provinsi kepada pemerintahan kabupaten/kota untuk pendanaan lingkungan hidup. 

Sementara Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE) merupakan skema Ecological Fiscal Transfer (EFT), yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten kepada pemerintah desa.

Baca juga: Umumkan Studi AMDAL, PT. Kaltara Batu Konstruksi Tampung Masukan dan Tanggapan Masyarakat

“TAKE dapat mendorong pemicu pembangunan untuk mendorong pelestarian hidup dan merupakan aksi nyata untuk prinsip melibatkan pemuda dan desa sebagai ujung tombaknya,” kata Siti Aisyah.

Tidak hanya sebagai simbiosis mutualisme antara kabupaten dan desa, TAKE di Tana Tidung juga memacu inovasi dan juga membuat desa lebih berdaya kedepannya sesuai visi misi Bupati kami bahwa ‘desa yang di depan’.

Siti Aisyah juga menjelaskan TAPE Provinsi Kaltara dapat memperkuat fondasi mekanisme hubungan keuangan provinsi dan daerah dalam pelestarian lingkungan.

“Dalam hal rendah karbon, dampak pembangunan iklim, serta kelestarian lingkungan hidup itu terasa sekali. Kita mengawal, memanfaatkan dana-dana yang telah ditransfer oleh provinsi,” terangnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved