Teknologi Biometrik Jadi Solusi Masalah Perkotaan dan Penerapan Smart City

Di Indonesia masyarakat sudah tidak asing dengan teknologi digital, digitalisasi juga mulai merambah ke berbagai wilayah di Indonesia.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Erik S
istimewa
Meidy Fitranto Sekjen Asosiasi Industri Teknologi Biometrik memaparkan transformasi digital dalam membangun ekosistem Smart City. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akselerasi Ekonomi dari Kota Hingga Kampung dan Desa Melalui Digitalisasi menjadi tema Digitalisasi Nusantara Expo & Summit (DNES) 2022 yang digelar di Gedung Edutarium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah.

Di Indonesia masyarakat sudah tidak asing dengan teknologi digital, digitalisasi juga mulai merambah ke berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu konsep yang kini tengah dikembangkan adalah Smart City untuk meningkatkan pembangunan di daerah.

Baca juga: Membawa Konektivitas Digital untuk Kelompok Komunitas Marjinal Indonesia 

Dalam sesi forum Pengembangan Ekosistem Smart City di Daerah, yang digelar di hari kedua pelaksaan DNES 2022, para narasumber memaparkan transformasi digital dalam membangun ekosistem Smart City.

Meidy Fitranto, Sekjen Asosiasi Industri Teknologi Biometrik, yang menjadi salah satu pembicara menjelaskan tentang implementasi teknologi berbasis biometrik.

“Teknologi biometrik di Indonesia sudah mulai diterapkan misalnya untuk penyaluran dana bantuan sosial, subsidi, alternatif metode system pembayaran, akses sistem transportasi, sistem pengawasan dan registrasi dan lainnya," ujar Meidy dalam keterangan yang diterima, Minggu (3/4/2022).

Menurutnya, teknologi biometrik juga dapat menjadi solusi bagi masalah perkotaan dan penerapan Smart City.

Baca juga: Pemerintah Beri Perhatian Khusus terhadap Maraknya Konten Digital yang Memuat Ujaran Kebencian

“Pemanfaatan biometrik yang tepat, dapat membawa banyak peluang dalam meningkatkan pelayanan yang efisien, efektif, dan peka privasi untuk mendukung adaptivitas dan solusi cerdas bagi perkotaan” Pungkas Meidy.

Selain meningkatkan pembangunan di daerah, konsep Smart City juga bisa memaksimalkan pendapatan daerah dan mendorong digitalisasi.

Kedepannya Asosiasi Industri Teknologi Biometrik pun siap mendukung serta bekerjasama dengan Pemerintah dalam pengembangan dan penerapan Smart City.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved