BNPT Ungkap Terorisme Mengintai Kota Cirebon, Ini Penjelasannya

Kota Cirebon Jawa Barat pernah terpapar terorisme meski warga di kota tersebut menjunjung toleransi.

Editor: Erik S
Tribun Jakarta/Satrio Sarwo Trengginas
(ilustrasi) Kota Cirebon Jawa Barat disebut tidak bisa bebas dari paparan terorisme meski warga di kota tersebut menjunjung toleransi. 

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON- Kota Cirebon Jawa Barat disebut tidak bisa bebas dari paparan terorisme meski warga di kota tersebut menjunjung toleransi.

Kenyataannya aksi teror pernah terjadi di Kota Cirebon, satu di antaranya aksi bom bunuh diri di Mapolres Cirebon Kota beberapa tahun lalu.

Baca juga: Kepala BNPT: Ujaran Kebencian Jadi Pintu Masuk Intoleransi yang Mengarah pada Terorisme

Selain itu pada 2017 juga teroris yang hendak menyerang Presiden RI, Joko Widodo, ditangkap di Bandara Cakrabhuana, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Cirebon.

Keterangan tersebut disampaikan Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT), Brigjen Pol Wawan Ridwan, usai Penguatan Kapasitas dan Kompetensi TNI, Polri, serta Instansi Terkait dalam rangka Mendukung Penanggulangan Terorisme di Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (22/6/2022).

"Toleransi dan kerukunan di Kota Cirebon ini sebenarnya luar biasa, tapi faktanya pernah terjadi aksi teror," ujar Wawan Ridwan.

Ia mengakui wilayah sekitar Kota Cirebon juga tergolong rawan terorisme, misalnya, Kuningan, Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

Kegiatan kali ini pun merupakan respons BNPT mengantisipasi kerawanan aksi terorisme di wilayah Cirebon pada masa yang akan datang.

Dalam kesempatan itu, BNPT menjelaskan peran dan fungsi BNPT saat ini yang dikhususkan sebagai koordinator pencegahan serta penanggulangan terorisme.

Baca juga: Khairul Anam Dukung BNPT Latih Santri Pesantren Tebuireng untuk Redam Radikalisme di Dunia Maya

"Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme," kata Wawan Ridwan.

Wawan berharap kegiatan kali ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh instansi yang terlibat terkait tren ancaman terorisme.

Agar mereka dapat meningkatkan sinergitas, wawasan, dan strategi dalam penanggulangan terorisme di wilayah Cirebon serta sekitarnya.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BNPT Sebut Kota Cirebon Rawan Terorisme Meski Toleransinya Tinggi

Sumber: Tribun Jabar
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved