Ibadah Haji 2022

Jemaah Haji Indonesia Hari Ini Dipulangkan, Jemaah Embarkasi Banjarmasin Terjadwal 24 Juli 2022

pemulangan jemaah haji embarkasi Banjarmasin yang berasal dari Provinsi Kalsel dan Kalteng kedatangan Kloter 1 akan dimulai 24 Juli 2022.

Editor: Dewi Agustina
istimewa
Wakil Menteri agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji yang akan pulang ke tanah air. Sementara untuk pemulangan jemaah haji embarkasi Banjarmasin yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terjadwal kedatangan Kloter 1 akan dimulai pada tanggal 24 Juli 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU – Hari ini Jumat (15/7/2022) jemaah haji Indonesia dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air.

Sementara untuk pemulangan jemaah haji embarkasi Banjarmasin yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terjadwal kedatangan Kloter 1 akan dimulai pada tanggal 24 Juli 2022.

"Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan akan melakukan Pemantauan Kesehatan kepada setiap jemaah yang tiba di tanah air dengan melakukan pengecekan suhu melalui thermal scanner dan thermal gun di bandara internasional debarkasi," jelas Kakanwil Kemenag Kalsel, Dr H Muhammad Tambrin.

Muhammad Tambrin saat ini masih berada di Mekkah dalam pelaksanaan tugas sebagai Pengendali Penyelenggaraan Ibadah Haji di Arab Saudi.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Mulai Tinggalkan Hotel di Makkah, Bersiap Pulang ke Tanah Air

Lalu setibanya jemaah haji di bandara kedatangan, akan dilakukan pengawasan kesehatan terhadap jemaah haji.

Para jemaah juga tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Pengawasan kesehatan di bandara dilakukan melalui pengecekan suhu dengan menggunakan thermal scanner dan thermal gun, serta pengecekan tanda dan gejala penyakit menular, potensi wabah, termasuk Covid-19.

"Selanjutnya apabila didapati jemaah dengan gejala demam atau menunjukkan potensi penyakit menular, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan test antigen," tambahnya.

Tambrin menegaskan tidak ada masa karantina saat pemulangan jemaah haji, yang ada pengawasan secara mandiri di daerah masing-masing.

Sehingga jemaah bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasa.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved