Gempa Hari Ini

BMKG: Gempa Hari Ini yang Guncang Pacitan Tidak Berkaitan dengan Gempa Pangandaran

Gempabumi mengguncang Pacitan pada Minggu (17/7/2022) sore. BMKG menjelaskan gempa ini tidak berkaitan dengan gempa di Pangandaran pada Sabtu (16/7)

TRIBUN BATAM
Ilustrasi Gempa Bumi. Gempabumi mengguncang Pacitan pada Minggu (17/7/2022) sore. BMKG menjelaskan gempa ini tidak berkaitan dengan gempa bumi yang mengguncang Pangandaran dan sekitarnya di hari sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Gempa bumi hari ini, Minggu (17/7/2022) sore, yang mengguncang Pacitan tidak berkaitan dengan gempa Pangandaran yang terjadi sehari sebelumnya.

Pada Minggu sore sekitar pukul 16.13 WIB, wilayah Pacitan diguncang gempabumi berkekuatan Magnitudo 5.5 SR.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3.

Episenter gempa tersebut berada di titik koordinat 9,15° LS ; 110,83° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 117 Km arah Barat Daya Kota Pacitan, Jawa Timur pada kedalaman 40 km.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal 2 Gempa yang Menguncang Pangandaran Jawa Barat pada 16 Juli 2022

Sehari sebelum gempa di Pacitan ini, wilayah Pangendaran, Ciamis dan Tasikmalaya juga diguncang dua gempa dengan intensitas magnitudo 4,4 dan 4,9.

Meski begitu, gempa Pacitan dan Pangandaran ini tidak saling berkaitan.

BMKG menerangkan, gempabumi yang terjadi di Pacitan merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," terang BMKG dalam keterangannya.

Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam twitternya menerangkan, gempa yang mengguncang Tasik, Ciamis, Pangandaran, Garut, Sukabumi dan Bandung pada Sabtu (16/6/2022) malam bersumber di zona megathrust (mekanisme naik-thrusting).

"Gempa selatan Pacitan, Jatim ini tidak berkaitan dengan gempa Tasikmalaya – Pangandaran yang terjadi tadi malam," tulis Daryono di akun Twitternya @DaryonoBMKG.

Baca juga: 16 Tahun Tragedi Gempa 2006 di Pangandaran Jawa Barat yang sebabkan Tsunami

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved