3 Warga Tertimbun Longsor Saat Bangun Tembok Penahan Tanah di Sukabumi: 2 Orang Tewas

Tiga warga yang bekerja membangun tembok penahan tanah rumah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tertimbun longsor

Editor: Erik S
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
Ilustrasi Tiga warga yang bekerja membangun tembok penahan tanah (TPT) rumah di wilayah Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tertimbun longsor, Rabu (20/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI -  Tiga warga yang bekerja membangun tembok penahan tanah (TPT) rumah di wilayah Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tertimbun longsor, Rabu (20/7/2022).

Dari ketiga warga tersebut, satu orang berhasil diselamatkan, sementara dua lainnya meninggal dunia.

Baca juga: Sebelum Meninggal Tertimbun Longsor, M Sudah Diingatkan Suami Agar Tak Masuk ke dalam Rumah

Korban tertimbun material longsor yang berasal dari tebing di atas pondasi bangunan yang sedang dikerjakan.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.45 WIB, saat tiga orang tersebut sedang membangun pondasi bangunan milik warga sekitar.

Koordinator Pusat Pengendali dan Operasi(Pusdalop) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Nanang Sudrajat, mengatakan, kejadian bermula saat tiga warga setempat tengah bekerja membangun tembok penahan tanah (TPT) rumah di wilayah kampung tersebut.

"Tiga orang warga tersebut tertimbun material longsor sepanjang enam meter dengan tinggi enam meter yang berasal dari tebing di atas pondasi bangunan yang sedang dikerjakan," ujarnya.

Dari ketiga korban tersebut, Samsu (40) berhasil diselamatkan oleh warga dan petugas gabungan.

Sementara itu, dua pekerja lainnya bernama Irwan (34) dan Abdullah (29) ditemukan meninggal dunia akibat tertimbun material longsor sedalam tiga meter.

Baca juga: Evakuasi Jenazah Korban Tertimbun Runtuhan Longsor di Bogor Diiringi Isak Tangis Keluarga

"Saat proses evakuasi, petugas mengalami kendala salah satunya kesulitan untuk mengevakuasi dua korban akibat lokasinya miring," ucapnya.

Dari dugaan sementara, longsor pondasi tersebut akibat kontur tanah yang labil, sehingga longsoran menimpa tiga pegawai bangunan.

"Berdasarkan laporan petugas di lapangan, dugaan sementara bencana longsor itu terjadi karena memang kondisi atau konstrukai tanah di lokasi itu cukup labil," ungkap Nanang.

Baca juga: Jadi Korban Banjir dan Tanah Longsor di Bogor, Begini Kesaksian Warga

Warga sekitar, Aay (29), mengatakan, saat ini petugas tengah melalukan evakuasi korban dari bawah timbunan longsor.

"Saat ini pihak petugas masih berusaha evakuasi kedua korban kondisinya mengalami kesulitan. Baru satu orang yang akan dievakuasi," singkatnya.

Penulis: Dian Herdiansyah

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 2 Pekerja Bangunan Tertimbun Longsor di Sukabumi Ditemukan Meninggal, Petugas Sulit Mengevakuasi

Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved