BBM Bersubsidi

Kenaikan Harga BBM, Harga-harga Komoditas di Pasar Kebon Kembang Bogor Mengalami Penyesuaian

Pedagang sayuran Pasar Kebon Kembang, Herlan mengatakan bahwa saat beberapa komoditas ada yang mengalami kenaikan

Editor: Erik S
/$Z
(ilustrasi) Naiknya harga BBM bersubsidi langsung berdampak ke harga jual komoditas di Pasar Kebon Kembang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR- Pemerintah sudah mengumumkan kenaikan harga BBM pada Sabtu (3/9/2022).

Kenaikan harga BBM dimulai pukul 14.30 WIB.

Baca juga: UPDATE Harga BBM Subsidi Naik, Simak Daftarnya di Seluruh Wilayah Indonesia, Solar Rp6.800 per Liter

Naiknya harga BBM bersubsidi langsung berdampak ke harga jual komoditas di Pasar Kebon Kembang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pedagang sayuran Pasar Kebon Kembang, Herlan mengatakan bahwa saat beberapa komoditas ada yang mengalami kenaikan dan penurunan harga.

"Kalo BBM emang beneran naik nanti, pastinya harga komoditasnya juga bakal naik," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (3/9/2022).

Naiknya harga komoditas itu, menurutnya disebabkan karena ongkos pengiriman komoditas dari pengirim akan menjadi lebih tinggi, yang di mana hal tersebut dikarenakan bila naiknya harga BBM nanti.

Bahkan, sebelum harga BBM naik, saat ini harga komoditas di Pasar Kebon Kembang beberapa di antaranya sudah alami kenaikan.

Herlan mengungkapkan bahwa kenaikan harga ini dikarenakan faktor harga pupuk yang juga ikut naik.

Baca juga: Pertamina Imbau Masyarakat Jangan Panik Meski Harga BBM Naik, Stok Pertalite dan Solar Aman

"BBM belum naik aja harga komoditas udah naik, soalnya harga pupuknya naik, kita rakyat kecil cuma pengen nggak mau dipersulit aja semuanya," katanya.

Menurutnya bila harga pupuk naik atau muatan yang membawa komoditas tersebut dikurangi, hal itu masih bisa diakali jalan keluarnya.

Tetapi, bila harga BBM kelak nanti akan naik, hal tersebut, kata Herlan pihak pedagang hanya bisa berpasrah dan menaikkan harga jualnya.

Herlan menjelaskan bahwa untuk harga cabai keriting saat ini kenaikannya sudah lebih dari dua kali lipatnya dari harga penjualan sebelumnya.

Baca juga: Harga BBM Resmi Naik, Partai Buruh dan Elemen Serikat Pekerja akan Demo 6 September

"Itu juga naiknya nggak bertahap yang cabai keriting, naiknya langsung melejit ke harga yang sekarang, itu udah dari tiga hari lalu," jelasnya.

Berikut harga komoditas di Pasar Kebon Kembang per tanggal 3 September 2022.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved