Upaya Jamkrindo Lestarikan Lingkungan dengan Hijaukan Lahan di Bendungan Jatigede

PT Jamkrindo melalui Kantor Cabang Cirebon melakukan kegiatan sosial penanaman pohon di Bendungan Jatigede Desa Pakualam, Jawa Barat.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Adi Suhendi
Istimewa
Sebagai bagian dari Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL Jamkrindo menanam 700 bibit pohon di lahan Bendungan Jatigede Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Jamkrindo melalui Kantor Cabang Cirebon melakukan kegiatan sosial penanaman pohon di Bendungan Jatigede Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Bendungan Jatigede saat ini telah menarik pusat perhatian bagi wisatawan lokal karena memiliki objek wisata religi dan budaya yaitu Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang yang dirancang Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.

Objek wisata tersebut saat ini masih dalam tahap proses pembangunan dan dipastikan menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Barat.

Di sekitar Desa Pakualam khususnya di area Bendungan Jatigede terlihat masih memerlukan perhatian khususnya dalam hal penghijauan guna menarik wisatawan.

Baca juga: Pemancing asal Garut yang Tenggelam di Waduk Jatigede Ditemukan, 200 Meter dari Lokasi Awal Hilang

Jamkrindo melakukan penanaman 700 bibit pohon yang terdiri dari pohon trembesi, pohon mangga, pohon rambutan dan pohon jambu di Kecamatan Darmaraja khususnya di sekitar wilayah desa Pakualam pada Sabtu, 3 September 2022.

Titik penanaman dari bibit pohon trembesi dilakukan di pinggir area bendungan dengan tujuan mengurangi abrasi dan menjaga ekosistem bendungan.

Sedangkan untuk penanaman bibit pohon produktif dilakukan di sekitar area wisata bendungan Buricak Burinong yang bertujuan agar memberikan manfaat bagi warga sekitar dan menjadi ikon agrowisata tanaman buah.

Dalam kesempatan tersebut, Sopian Iskandar selaku Kepala Desa Pakualam mengatakan penanaman pohon merupakan investasi untuk menciptakan sebuah lingkungan yang indah, asri dan terhindar dari bencana alam akibat pengalihan fungsi lahan.

Baca juga: Buaya yang Muncul di Waduk Jatigede Sumedang Diduga Berasal dari Penangkaran

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Jamkrindo yang telah memberikan bibit pohon untuk desa kami. Semoga Jamkrindo makin sukses dan jaya,” ujarnya Sabtu (3/9/2022).

Pemimpin Jamkrindo Kantor Cabang Cirebon Ratih Hatniyanti berharap penghijauan yang dilakukan di Bendungan Jatigede akan memberikan dampak ekonomi dan lingkungan untuk masyarakat sekitar.

Kegiatan penanaman pohon dan penghijauan merupakan kegiatan yang secara berkelanjutan dilakukan perusahaan di berbagai titik lokasi di Indonesia.

“Pemberian bibit pohon tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Jamkrindo dalam pelestarian lingkungan dan bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga desa tersebut dalam pemanfaatan bibit pohon tersebut,” ujar Ratih.

Jamkrindo merupakan perusahaan BUMN penjaminan terbesar di Indonesia.

Sebagai pionir di industri penjaminan, Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan non-program.

Pada penjaminan program, Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR dan penjaminan KMK dalam rangka PEN.

Adapun, untuk penjaminan non-program, produk penjaminannya antara lain penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang, surety bond, customs bond, penjaminan supply chain (invoice financing) dan penjaminan kredit lainnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved