Hujan Deras Sejak Sore Kemarin hingga Tadi Malam, Kota Cirebon Dikepung Banjir dan Warga Diungsikan

Ketinggian air di kawasan tersebut mencapai lutut orang dewasa, bahkan hingga mengepung wilayah permukiman warga di Kelurahan Pekiringan

Editor: Eko Sutriyanto
istimewa
ILUSTRASI Banjir - Wilayah Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon menjadi titik terdampak banjir yang paling parah menyusul terjadinya hujan deras sejak Selasa (25/10/2022) sore hingga malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Wilayah Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon menjadi titik terdampak banjir yang paling parah menyusul terjadinya hujan deras sejak Selasa (25/10/2022) sore hingga malam.

Ketinggian air di kawasan tersebut mencapai lutut orang dewasa, bahkan hingga mengepung wilayah permukiman warga di Kelurahan Pekiringan.

Selain itu, wilayah lainnya yang sempat tergenang air ialah kawasan Perumnas Harjamukti, Kota Cirebon, dan ketinggian air di ruas jalan utamanya juga mencapai lutut orang dewasa.

Sejumlah ruas jalan protokol Kota Udang pun turut terendam banjir. Dari mulai Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Terusan Pemuda, Jalan Brigjend Dharsono, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ciremai Raya, Jalan Sutomo, dan lainnya.

Genangan air yang cukup tinggi di ruas jalan tersebut sempat menyebabkan arus lalu lintas tersendat, dan mengakibatkan sejumlah kendaraan mogok.

Baca juga: Bali Dilanda Banjir Jelang G20, Sandiaga Uno Apresiasi Upaya Penanganan oleh BNPB dan Pemprov

Gabungan BPBD Kota Cirebon dan lainnya harus menggungsikan ejumlah warga terdampak banjir 

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, tampak turun langsung memantau wilayah Kelurahan Pekiringan sebagai titik terdampak banjir paling parah pada Selasa malam.

Ia memimpin penanganan banjir di Kelurahan Pekiringan bersama lurah, camat, dan dinas terkait lainnya.

Azis memastikan, jajarannya telah berpengalaman dalam upaya darurat penanggulangan banjir yang mengepung Kota Cirebon.

"Semua tim juga sudah diturunkan ke lapangan untuk membantu masyarakat, khususnya di Kelurahan Pekiringan," kata Nashrudin Azis saat ditemui di Kantor Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (25/10/2022) malam.

Ia mengakui, tingginya curah hujan sejak sore dan hingga malam belum juga berhenti membuat hampir seluruh wilayah Kota Cirebon terendam banjir.

Bahkan, menurut dia, sejumlah kawasan yang biasanya tidak terendam banjir saat diguyur hujan, tetapi kali ini turut terendam banjir.

Sementara warga terdampak banjir di Kelurahan Pekiringan diungsikan ke sujumlah titik, dari mulai kantor kelurahan, masjid, hingga GTC.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved