Kelompok Bersenjata di Papua

KKB Serang Kamp Tambang 81 di Pegunungan Bintang Papua: 1 Orang Meninggal Dunia

Seorang pekerja atas nama Rolmo Aldus Tuenoa (29) dilaporkan tewasm akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Sabtu (5/11/2022)

Editor: Erik S
NST
(ilustrasi) Seorang pekerja atas nama Rolmo Aldus Tuenoa (29) dilaporkan tewasm akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Seorang pekerja atas nama Rolmo Aldus Tuenoa (29) dilaporkan tewasm akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

KKB menyerang dan membakar kamp tambang 81 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Sabtu (5/11/2022) malam waktu Papua. 

Baca juga: KKB Rampas Uang Dana Desa, Perangkat Pemerintah Diancam

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, korban meninggal dunia lantaran kehabisan darah setelah disabet senjata tajam tepat mengenai pergelangan tangan.

"Korban mengalami luka sabetan sajam di pergelangan tangan hingga putus. Itulah yang menjadi dugaan penyebab meninggalnya korban lantaran kehabisan darah," kata Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal melalui keterangan pers yang diterima Tribun-Papua.com, Minggu (6/11/2022).

Lebih lanjut Kabid Humas Polda Papua menambahkan, jenazah korban dan saksi yang berhasil selamat telah dievakuasi ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

"Saat ini korban dan saksi-saksi dievakuasi ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, dan selanjutnya para saksi akan dimintai keterangan oleh petugas," paparnya.

Baca juga: Tiga Ahli Waris Korban Penembakan KKB Asal Sulawesi Selatan Mendapat Santunan dari Pemprov

Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebutkan, penyerangan dan pembakaran kamp tersebut diduga kuat dilakukan oleh KKB kelompok Bocor Sobolim dari Kabupaten Yahukimo.

Sebab, lokasi pembakaran kamp tambang ini bersebelahan dengan tempat kejadian perkara saat seorang pekerja tewas dipenggal beberapa hari lalu.

"Pelaku yang melakukan pembakaran tersebut adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo," imbuhnya.

Baca juga: Truk Bermuatan Sembilan Orang Diadang KKB di Paniai: Ternyata Ini yang Dicari

Sementara itu, terkait kondisi terakhir di Kabupaten Pegunungan Bintang, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, relatif aman dan secara berangsur mulai kondusif.

"Situasi di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman don kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli," pungkasnya.

Penulis: Raymond Latumahina

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul KKB Papua Kembali Berulah: Satu Orang Tewas dan Bakar Kamp Tambang di Pegunungan Bintang

Sumber: Tribun Papua
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved