Gempa Berpusat di Cianjur

Diikuti Anggota Wilayah Lain, PSMTI Kembali Salurkan Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur

Ketua Umum Wilianto Tanta sebut PSMTI setiap harinya berkeliling secara door to door, sampai ke pelosok untuk memberikan bantuan korban gempa Cianjur.

Penulis: Reza Deni
Istimewa
PSMTI kembali salurkan bantuan sosial untuk para korban bencana Gempa Cianjur, Jawa Barat. Ketua Umum Wilianto Tanta sebut PSMTI setiap harinya berkeliling secara door to door, sampai ke pelosok untuk memberikan bantuan korban gempa Cianjur. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) melanjutkan aksi sosial kepada para korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta mengatakan pihaknya berada di Cianjur sejak Rabu (23/11/2022) hingga sekarang untuk menyalurkan bantuan sosial langsung ke daerah-daerah yang terdampak, terutama di Jambudipa, Cianjur.

"PSMTI setiap harinya berkeliling secara door to door, sampai ke pelosok untuk memberikan bantuan secara langsung berupa selimut, alas tidur, masker, beras, juga 30 toren air untuk 30 tenda pengungsian," kata Wilianto dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Wilianto kembali menegaskan bahwa aksi ini dilakukan atas dasar inisiatif PSMTI Provinsi Jawa Barat yang memprakarsai bantuan untuk warga Cianjur yang tertimpa bencana.

“Dalam kesempatan ini PSMTI berikan bantuan paket logistik dan obat-obatan juga sejumlah uang untuk tambahan perbaikan rumah warga yang hancur akibat gempa, dengan harapan dapat meringankan beban para korban masyarakat yang terdampak," kata dia.

Wilianto juga mengapresiasi PSMTI Provinsi yang menyumbang secara langsung terutama perkumpulan Fujian Indonesia yang ikut berpartisipasi menyumbang melalui PSMTI.

"PSMTI Jabar menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja), Kejaksaan Tinggi Republik Indonesia, Kodam III Siliwangi dan Polda Jawa Barat, yang didukung oleh Polri melalui Direktorat Pengamanan Obyek Vital dan Pikiran Rakyat," katanya.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Instruksikan Seluruh Pemda Kucurkan APBD untuk Korban Bencana Gempa Cianjur

Sementara itu, Ketua Harian PSMTI Jawa Barat Djoni Toat, menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini sebagai bentuk kepedulian dan aksi solidaritas terhadap sesama.

"Saya sangat terharu dengan relawan dari PSMTI Cianjur dan Cipanas yg setiap hari tanpa lelah turun keliling keloksasi lokasi pengungsian untuk menyalurkan bantuan bersama polri, tni dan kejaksaan," tutur Djoni.

Hal ini membuktikan dimana PSMTI di 34 provinsi bahu membahu memberikan bantuan sesuai himbauan PSMTI dari Ketua Umum PSMTI dan Sekretaris Umum Raymond, juga dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

"Ini menunjukkan kekompakan dan betapa solidnya suku Tionghoa berbuat untuk kemanusian di NKRI," kata dia.

Baca juga: Belum Tersentuh, Korban Gempa Kampung Keramat Legok Cianjur Keluhkan Tak Terima Bantuan Pemerintah

Sementara Wakil Ketua Umum PSMTI Dept. Kaderisasi Johnny Situwanda mengatakan bahwa bantuan yang terus menerus dilakukan untuk korban gempa di Cianjur yang tertimpa musibah.

"Penyaluran ini dimotori kawan kawan dari PSMTI wilayah Jawa Barat dan sekitarnya, Ketua Harian dan Bendaharanya Saudara Djoni Toat dan Benny Satria langsung terjun ke lapangan, sesuai dengan arahan Ketua Dewan Pembina Eddy Hussy dan Ketua Umum Pak Wilianto Tanta," ucap Johnny Situwanda.

“Untuk bantuan ke Cianjur kali ini juga diikuti partisipasi dari PSMTI daerah-daerah lain mulai dari PSMTI Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Riau, NTT, Lampung dan lainnya yang mana hampir semua daerah turut berpartisipasi baik dalam bentuk dana, barang dan tenaga. Semoga bencana ini bisa cepat berlalu," tandas Johnny.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved