Gempa Berpusat di Cianjur

Pertamedika IHC Turunkan Tim Medis Identifikasi Penyakit Pengungsi Korban Gempa Cianjur

Dr. Yan Fernandez Sembiring Sp.EM dari RS Pelni yang menjadi bagian Tim Medis IHC menyampaikan dari segi kesehatan warga di pengungsian

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
istimewa
Tenaga medis IHC memeriksa warga pengungsi posko bencana gempa Cianjur, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamedika IHC, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan menerjunkan tim medis untuk melakukan penanganan kesehatan kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur.

Dr. Yan Fernandez Sembiring Sp.EM dari RS Pelni yang menjadi bagian Tim Medis IHC menyampaikan dari segi kesehatan warga di pengungsian memerlukan perhatian khusus mengingat setiap orang memiliki keluhan yang berbeda.

Menurutnya, tim medis bekerja memahami kondisi pasien ketika melakukan penanganan di posko pelayanan kesehatan setempat.

Baca juga: Digunakan saat Pencarian Korban Gempa Cianjur, Kenali Alat Life Detector dan SAR Dog Milik Basarnas

“Kami menemukan beberapa kasus seperti bayi dengan pneumonia berat dan korban bencana dengan luka yang tidak terawat. Sangat penting bagi kami menentukan apakah korban masih dapat ditangani di posko pelayanan kesehatan setempat atau perlu dirujuk ke rumah sakit terdekat," kata Yan dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Yan menegaskan penanganan kegawatdaruratan saat bencana menjadi prioritas agar ke depannya kesehatan warga dapat tetap terjaga.

Guna mengantisispasi keluhan kesehatan yang dialami warga, Tim Medis IHC melakukan berbagai upaya untuk mengurangi risiko munculnya penyakit pasca terjadinya bencana.

Sejumlah tindakan mulai dari pemeriksaan kesehatan berkala, pemberian paket obat Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), paket pengobatan sendi, paket perawatan bayi, paket pengobatan alergi, paket kebersihan mulut, hingga paket untuk menjaga kebersihan tangan (hand hygiene) diberikan kepada warga.

"Tim Medis IHC juga memberikan vitamin bagi anak dan dewasa agar dapat menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan metabolisme selama bertahan di pengungsian," imbuh Yan.

Baca juga: Sejumlah Pasien Korban Gempa Cianjur Alami Sesak Napas

Bencana alam gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Cianjur dan sekitarnya.

IHC sebagai Holding RS BUMN dengan sigap mengirimkan tim medis yang terdiri dari ambulance rescue, dokter umum, dan perawat menuju ke lokasi bencana di hari ke-2 terjadinya gempa.

Sejumlah bantuan obat-obatan dan logistik juga disalurkan kepada korban bencana melalui posko yang berlokasi di Lapangan Ciarma Kampung Barukaso, Desa Suka Mulya, Kecamatan Cugenang.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved