Pelaku UMKM di Gelaran Porprov VI Banten Genjot Perekonomian Kota Tangerang

Pemkot Tangerang tidak hanya sukses menyelenggarakan Porprov VI Banten sebagai tuan rumah, namun juga mampu meningkatkan geliat UMKM Kota Tangerang.

Editor: Content Writer
Dok. tangerangkota.go.id
Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menangah (Disperindagkop UKM) melibatkan UMKM Kota Tangerang di seluruh venue Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten. 

TRIBUNNEWS.COM — Pemerintah Kota Tangerang berhasil meningkatkan perekonomian dengan mengoptimalkan UMKM saat menjadi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten yang berlangsung sejak tanggal 20 hingga 29 November 2022.

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menangah (Disperindagkop UKM) melibatkan UMKM Kota Tangerang diseluruh venue yang tersedia.

Dengan begitu, Pemkot Tangerang tidak hanya sukses menyelenggarakan dan sebagai tuan rumah saja melainkan mampu meningkatkan geliat UMKM Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Disperindagkop UKM, Hastuti Handayani menyampaikan, dalam pagelaran Porprov VI Banten dilibatkan 187 UMKM se-Kota Tangerang yang disebar di 20 Venue yang terletak di sembilan kecamatan.

"Pelaku UMKM disetiap venue berhasil meningkatkan perekonomian di Kota Tangerang. Bagaimana tidak? Tercatat penghasilan yang tertinggi satu venue bisa mencapai Rp22 juta per hari," kata Handa dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Pelaku UMKM yang mampu meraup omzet puluhan juta itu adalah mereka yang menjajakan produknya di Stadion Benteng Reborn dengan rata-rata mulai Rp15 juta hingga Rp22 juta per harinya. Sedangkan di venue lainnya, rata-rata mendapat penghasilan jutaan rupiah.

"Ini menjadi bukti nyata keberhasilan Porprov VI Banten dalam lini perekonomian melalui geliat UMKM. Dengan ini, Pemkot Tangerang akan berupaya UMKM dapat terus terlibat diberbagai event di Kota Tangerang," demikian Hastuti.

Tidak hanya di sektor ekonominya saja, Kota Tangerang juga keluar sebagai juara umum dalam pekan olah raga tingkat Provinsi ini dengan raihan 638 medali dengan rincian medali emas sebanyak 257, perak 204 dan perunggu sebanyak 177 medali dari 47 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Posisi dua klasemen ditempati Kabupaten Tangerang dengan memperoleh 485 medali dari hasil koleksi 167 emas, 150 perak, dan 168 perunggu. Selanjutnya di posisi tiga ada Kota Tangsel yang meraih 379 medali dari 99 emas, 119 perak, dan 161 perunggu. 

Sedangkan di posisi keempat klasemen diduduki Kota Cilegon dengan raihan 315 medali dari 88 emas, 98 perak, 129 perunggu. Lalu, posisi kelima ada Kabupaten Serang yang memperoleh 218 medali dari 49 emas, 53 perak, dan 116 perunggu. (adv)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved