BPPT Kenalkan Inovasi Sistem Navigasi Baru untuk Keselamatan Transportasi Laut

Produk Transceiver AIS Kelas B BPPT ini siap mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran

BPPT Kenalkan Inovasi Sistem Navigasi Baru untuk Keselamatan Transportasi Laut
HANDOUT
Wakil Presiden Jusuf Kalla di acara peluncuran sistem navigasi keselamatan baru untuk transportasi laut Automatic Identification System (AIS) Kelas B ciptaan BPPT di acara puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memperkenalkan inovasi terbaru barupa sistem navigasi keselamatan baru untuk transportasi laut yang diberi nama Automatic Identification System (AIS) Kelas B.

Peluncuran inovasi ini dilakukan di acara puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019) dan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kepala BPPT Hammam Riza mengucapkan terima kasih kepada Wapre Jusuf Kalla yang telah hadir dan meresmikan inovasi tersebut dalam rangkaian acara puncak Hakteknas ke-24.

"Terima kasih Pak Wapres Jusuf Kalla, BPPT akan terus menampilkan inovasi dan teknologi terbaru, menuju Indonesia yang maju, mandiri, adil dan makmur," ujar Hammam.

Baca: Sama-sama Perawatan Mobil, Ini Perbedaan Antara Auto Detailing dan Salon Mobil

Dia menegaskan momentum ini sangat penting bagi BPPT untuk terus fokus menghadirkan inovasi-inovasi terbaik seperti yang diharapkan Presiden Jokowi dan Wapres JK agar inovasi dan teknologi bisa diterapkan pada berbagai sektor prioritas pembangunan, dalam upaya mewujudkan 'Indonesia Maju'.

Hammam menekankan, ke depan pihaknya akan terus mendukung program pemerintah melalui berbagai inovasi.

AIS Kelas B ciptaan BPPT merupakan sistem navigasi yang tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan keselamatan transportasi laut, namun juga meningkatkan daya saing industri nasional serta kemandirian bangsa.

"Produk Transceiver AIS Kelas B BPPT ini siap mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran," ujar Hammam.

Ia menyebut inovasi tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI Nomor 7 Tahun 2019 tentang Kewajiban Pemasangan dan Pengaktifan Sistem Identifikasi Otomatis Bagi kapal yang berlayar di Wilayah Perairan Indonesia.

Acara peluncuran AIS Kelas B dari BPPT juga dihadiri Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved