Serbuan AI, Bersiaplah Nikmati Kopi Buatan ''Robot Barista''

kecerdasan buatan ini memang diprediksi akan menjadi tren masa depan, di mana banyak pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot.

Serbuan AI, Bersiaplah Nikmati Kopi Buatan ''Robot Barista''
Youtbe
kedai kopi robot 

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Apa yang anda bayangkan saat semua kebutuhan anda di masa depan dilayani oleh robot? Mereka memasak makanan, membersihkan rumah bahkan membuatkan kopi untuk anda.

Mungkin saja hal ini akan menjadi kenyataan karena sebuah kedai kopi bernama Café X baru saja dibuka di Bandara Internasional San Jose (SJC), California, Amerika Serikat (AS) pada 3 Desember lalu.

Dikutip dari laman interestingengineering.com, Minggu (8/12/2019), di kedai kopi lainnya di bandara itu, anda bisa saja menunggu lama hanya untuk mendapatkan secangkir kopi.

Baca: Barista Starbucks ini Dipecat karena Tuliskan Babi pada Gelas Polisi

Baca: Hadapi Otomatisasi yang Mengancam Pekerjaan Manusia, Menaker Gaungkan Pendidikan Vokasi

Namun dengan adanya robot barista di Café X, maka waktu penyajiannya pun relatif singkat karena hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk menyiapkan lebih dari 10 pesanan.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ini memang diprediksi akan menjadi tren masa depan, di mana banyak pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot.

Pendiri sekaligus CEO Café X Henry Hu mengatakan, "Saya mendapatkan ide robot untuk membuat kopi, setelah lelah menunggu lebih dari 30 menit hanya untuk bisa menikmati kopi di bandara pada beberapa tahun lalu,".

"Sangat menyenangkan bisa meluncurkan kedai kopi robot kami di bandara untuk kali pertama," ujarnya.

"Kami berharap dapat menghibur para pelancong dengan robot barista kami yang ramah dan siap menyelamatkan mereka dari antrean hanya untuk secangkir kopi," kata Hu.

Kedai kopi itu mulai buka sekitar pukul 05.30 waktu setempat dan tutup pada 10.30 malam.

Sebelumnya, Café X telah mencoba tiga mesin prototype ini di kedai mereka di San Fransisco selama 2 tahun terakhir dan terbukti mampu melayani ribuan pelanggan.

Menurut perusahaan tersebut, kedai kopi yang baru saja dibuka di bandara itu masih menggunakan robot barista yang disesuaikan dengan prototype sebelumnya.

Sementara itu Direktur Penerbangan di SJC John Aitken mengatakan, "Dengan basis penumpang kami yang berkembang dan fokus pada transformasi bagaimana kawasan Silicon Valley melakukan perjalanan teknologinya, kami bermitra dengan Café X untuk melayani penumpang kami yang bepergian melalui Gates 31-36 yang baru dibuka di Terminal B,".

"Pengalaman Robotic Coffee Bar yang canggih ini merupakan pelengkap sempurna untuk bandara kami yang canggih serta terletak di kawasan teknologi tingkat tinggi,".

"Café X memberikan solusi inovatif untuk memenuhi permintaan pelanggan kami akan layanan kopi," kata Aitken.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved