H-1, LAPAN Sebut Gerhana Matahari Cincin Bisa Terlihat di Seluruh Wilayah Indonesia, Simak Jamnya

LAPAN sebut fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 yang jatuh pada tanggal 26 Desember 2019 bisa terlihat dari seluruh wilayah Indonesia.

H-1, LAPAN Sebut Gerhana Matahari Cincin Bisa Terlihat di Seluruh Wilayah Indonesia, Simak Jamnya
https://www.lapan.go.id/
Lokasi Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 (lapan.go.id) 

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebut fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 yang jatuh pada tanggal 26 Desember 2019 bisa terlihat dari seluruh wilayah Indonesia.

Penampakan GMC 2019 tergantung lokasi pengamatan misalnya di daerah Sumatera Selatan mencapai 80 persen sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70-80 persen.

Sementara itu wilayah lain di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20 persen di wilayah selatan Papua.

Misalnya untuk di Bandung, bulan menutupi 70 persen permukaan matahari. Di Jakarta gerhananya mencapai sekitar 72 persen.

"Semakin mendekati jalur pusat gerhana, porsi tertutupnya matahari semakin besar," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Rabu (25/12/2019).

Jasyanto melanjutkan, ada dua tempat yang menjadi lokasi yang paling ideal untuk menyaksikan fenomena alam tesebut, yakni di Kabupaten Siak, Riau  dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat 

Di Kabupaten Siak GMC ini dipredikasi akan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB.  

Baca: Ganjar Pranowo hingga Risma Kunjungi Gereja di Malam Natal, Kaporli dan Panglima TNI Ikut Pantau

Sementara itu, untuk Kota Singkawang, Kalimantan Barat Gerhana matahari cincin akan bisa terlihat sebagian sekitar pukul 10.43 WIB.

Sedangkan puncak gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 12.42 WB dan berakhir pada pukul 14.31 WIB.

Halaman
1234
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Ifa Nabila
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved