Jelang Gerhana Matahari Cincin, LAPAN Ingatkan Masyarakat soal Bahayanya, Bisa Sebabkan Kebutaan

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperingatkan bahanyanya Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 bisa menyebabkan kebutaan

Jelang Gerhana Matahari Cincin, LAPAN Ingatkan Masyarakat soal Bahayanya, Bisa Sebabkan Kebutaan
unsplash.com dan pixabay.com
Ilustrasi kebutaan karena gerhana matahari cincin 

TRIBUNNEWS.COM - Jelang datangnya fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 yang jatuh pada tanggal 26 Desember 2019, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperingatkan bahanyanya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat LAPAN, Jasyanto memperingatkan masyarakat untuk tidak melihat ke arah matahari dengan mata telanjang secara langsung baik saat Gerhana Matahari Cincin maupun tidak.

"Intensitas cahaya matahari yang sangat kuat dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan," kata Jasyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Rabu (25/12/2019).

Jasyanto mengimbau masyarakat yang ingin menikmati fenomena alam satu ini untuk menggunakan peralatan-peralatan pengamatan gerhana matahari yang aman. 

"Seperti kamera pinhole (kamera lubang jarum), kacamata matahari, binocular atau teleskoop dan kamera DSLR dengan filter khusus matahari," jelasnya.

Baca: Hati-hati, Viral Modus Pemerasan di Jalan dengan Pura-pura Diserempet dan Akhirnya Minta Ganti Rugi

Jasyanto menjelaskan GMC terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi.

Hal inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

Masyarakat Indonesia juga bisa mengamati momen gerhana matahari cincin yang berbentuk lingkaran menyerupai cincin itu di wilayah-wilayah tertentu misalnya di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, Kalimantan utara, Kalimantan Timur.

Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019
Lokasi Gerhana Matahari Cincin (GMC) 2019 (lapan.go.id)

Baca: 5 Resep Kuliner yang Paling Banyak Dicari Selama 2019, dari Pisang Nugget hingga Kue Lumpur

Halaman
1234
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved