Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca BMKG 5 - 12 Januari 2019 di Indonesia, Waspada Cuaca Ekstrem & Gelombang Tinggi

Inilah update prakiraan cuaca dari BMKG untuk di beberapa wilayah Indonesia selama seminggu ke depan, 5 hingga 12 Januari 2020, waspada cuaca ekstrem.

Prakiraan Cuaca BMKG 5 - 12 Januari 2019 di Indonesia, Waspada Cuaca Ekstrem & Gelombang Tinggi
bmkg.go.id
Ilustrasi Prakiraan Cuaca BMKG 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah update Prakiraan Cuaca dari BMKG untuk di beberapa wilayah Indonesia selama seminggu ke depan, 5 hingga 12 Januari 2020. Masyarakat diimbau waspadai potensi cuaca ekstrem.

BMKG telah merilis prakiraan cuaca untuk seminggu ke depan di berbagai wilayah tanah air.

Selama seminggu ke depan yaitu mulai hari ini, Minggu (5/1/2020) hingga Minggu (12/1/2020) beberapa wilayah di Indonesia masih berpotensi dilanda hujan lebat.

Melalui Twitter resmi dan situs bmkg.go.id, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama seminggu ke depan.

Menurut informasi yang dirilis BMKG melalui Twitter, kondisi ini dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal.

Prakiraan cuaca BMKG
Prakiraan cuaca BMKG (bmkg.go.id)

 

 Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini untuk Jakarta & Sekitarnya, Beberapa Wilayah Masih Akan Diguyur Hujan

 Prakiraan Cuaca Jakarta & Indonesia Seminggu Kedepan, Waspadai Cuaca Ekstrem Setelah Banjir

Fenomena yang dimaksud adalah aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Hal ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah.

Selain itu suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan ini cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air yang cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan.

Potensi cuaca ekstrem ini juga diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

Dalam seminggu ke depan, potensi cuaca ekstrem yang disertai curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang ini akan terjadi di bebeberapa wilayah sebagai berikut:

Halaman 2 ============>

Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved