Breaking News:

Teknologi Canggih dari Negara-negara Ini Bisa Bikin Banjir di Jakarta Minggir, Bagaimana Caranya?

Sejak zaan dulu Jakarta kerap dilanda banjir jika hujan deras bahkan sering direpotkan banjir kiriman dari daerah hulu.

New Civil Engineer
Thames Barrier untuk mengendalikan banjir di Kota London, Inggris. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bukan Jakarta namanya kalau tidak lekat dengan persoalan yang sejak zaman kolonial Belanda hingga saat ini tak kunjung selesai yaitu banjir.

Sejak zaman dulu, kota yang dikenal sebelumnya bernama Batavia ini kerap dilanda banjir jika hujan deras bahkan sering direpotkan banjir kiriman dari daerah hulu.

Sejumlah penanganan baik dari sisi teknologi dan inovasi sudah diterapkan di Jakarta, sayang tindakan tersebut belum bisa membendung banjir secara signifikan.

Tak hanya Jakarta, kota-kota di luar negeri banyak pula yang dilanda banjir seperti Jakarta. Negara-negara tersebut umumnya dipusingkan seputar langkah penanganan banjir saat sudah terjadi, langkah itu pun dinilai terlambat.

Para ahli seperti arsitek, insinyur, dan ahli tata kota di dunia ini telah memikirkan inovasi seperti apa yang tepat untuk mencegah banjir dan melindungi manusia dari risiko tersebut.

Meski inovasi ini sangat erat dengan pembangunan infrastruktur yang mahal, para ahli meyakini hal tersebut sebagai solusi yang pas untuk menangani banjir.

Baca juga: Bekasi dan Jakarta Kebanjiran, PLN Masih Padamkan Listrik ke 2.000 Lebih Pelanggan, Ini Rinciannya

Negara-negara ini telah menerapkan inovasi penanganan banjir yang mungkin bisa diaplikasikan di DKI Jakarta. Berikut teknologi penanganan banjir di sejumlah negara:

1. Maeslant Storm Surge Barrier di Belanda

Memang sudah terbukti bila negeri tulip yang pernah menjajah Indonesia ini sering disebut suhunya untuk penangan banjir.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved