Breaking News:

Program Inovasi Strategis Dibahas di Rakernas BPPT

Di bidang teknologi kendaraan bermotor listrik, BPPT telah menghasilkan fast charging station dan motor penggerak listriknya.

TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Kepala BPPT Hammam Riza. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas, Senin (8/3/2021).

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan Rakernas BPPT 2021 bertujuan merencanakan dan menjalankan program inovasi Indonesia.

"Rencana dan program yang strategis akan fokus dan terukur dengan mengedepankan reformasi birokrasi, melalui budaya kerja transformasi digital," tutur Hammam saat Rakernas.

Melalui Rakernas ini, BPPT juga akan menetapkan berbagai penguatan peran dan pengkajian dan penerapan teknologi.

"Melalui pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter terampil dan siap bekerja keras dengan semangat BPPT yang Solid, Smart dan Speed," imbuhnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta BPPT Berburu Inovasi Teknologi untuk Dikembangkan

BPPT juga akan menguatkan ekosistem inovasi khususnya di delapan bidang fokus teknologi yang selaras dengan riset dan inovasi nasional.

Baca juga: Teken MoU dengan BPPT, PLN Targetkan TKDN Segera Bangkit di Tengah Pandemi

Di bidang teknologi kesehatan dan pangan, BPPT fokus pada kemandirian bahan baku obat, alat kesehatan untuk penanganan Covid-19, teknologi tepat guna pangan pencegah stunting dan smart farming.

Pada bidang teknologi kebencanaan, BPPT sedang membangun infrastruktur sistem peringatan dini tsunami bersama BMKG dan BNPB.

Teknologi modifikasi cuaca dimanfaatkan untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta upaya redistribusi curah hujan untuk pencegahan bencana banjir.

Halaman
12
Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved