Breaking News:

Hamparan Padang Pasir Berundak di Mars Berhasil Diabadikan Kamera HiRISE Milik NASA

Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA kembali merilis foto-foto spektakuler di luar angkasa.

NASA
Planet yang disebut bisa dihuni manusia itu ternyata memiliki sebuah objek tempat yang persis di bumi. Dalam foto yang diambil NASA itu menunjukkan pemandangan sebuah pasir beku di Mars. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA kembali merilis foto-foto spektakuler di luar angkasa.

Sebuah objek foto yang dipamerkan NASA di antaranya adalah kondisi planet Mars saat ini. Sebuah foto menakjubkan diunggah NASA pada pekan lalu di laman Instagram-nya.

Bagaimana tidak? Planet yang disebut bisa dihuni manusia itu ternyata memiliki sebuah objek tempat yang persis di bumi.

Dalam foto yang diambil NASA itu menunjukkan pemandangan sebuah pasir beku di Mars.

Baca juga: Sok Kuat Hadapi Komentar Nyinyir Netizen, Marshel Widianto Akui Perasaannya Rapuh

Lanskap itu dipoteret oleh Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) atau Orbitor Resonansi Mars dengan menggunakan kamera HiRISE dari jarak 315 km di atas permukaan orbit.

Dalam foto itu tampak lahan berupa padang pasir berwarna oranye dipadukan warna biru tipis. Diketahui foto itu diambil pada Februari lalu dan menampilkan hamparan luas pasir yang beku dan menutupi kawah berdiameter 5 km.

Pasang pasir itu bertesktur layaknya bukit di pegunungan. Hak itu terlihat dari  area utama yang sampai terlihat seperti mendaki lereng kawah di formasi berundak.

Baca juga: Kasus Uang Raib Rp 400 Juta di Bank, Ternyata Nasabah Tarik Sendiri Uangnya

"Garis-garis dan fitur lainnya merupakan sublimasi es yang terjadi karena pencairan musiman," tulis NASA dalam keterangan foto di Instagram, Jumat (26/3/2021).

Objek ini diambil Kamera HiRISE, sebuah teknologi yang dirintis oleh Ball Aerospace & Technologies Corp yang dioperasikan University of Arizona, di Tucson, Amerika Serikat. Sedangkan proses pemotretan MRO dikendalikan oleh Jet Propulsion Laboratory milik NASA.

Berita terkait

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved