Breaking News:

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Olimpiade Informatika Ke-34 Tahun 2022

Plt Sekjen Kemendikbudristek Ainun Na’im berharap pagelaran IOI ke-34 dapat digelar secara luar jaringan sehingga seluruh peserta

Muhammad Zulfikar/Tribun Jakarta
Ainun Naim 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade Informatika Tingkat Internasional atau International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 pada tahun 2022 mendatang.

Plt Sekjen Kemendikbudristek Ainun Na’im berharap pagelaran IOI ke-34 dapat digelar secara luar jaringan sehingga seluruh peserta datang ke Indonesia.

Ainun mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar pandemi Covid-19 segera usai, sehingga penyelenggaraan IOI tahun 2022 dapat dilaksanakan secara luring.

"Dengan begitu, seluruh peserta dari seluruh penjuru dunia akan dapat menikmati keindahan Indonesia, khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta," ujar Ainun Na’im melalui keterangan tertulis, Senin (28/6/2021).

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kata Ainun, penyelenggaraan IOI akan memerlukan persiapan yang matang bagi semua pihak. Rencananya IOI ke-34 akan diselenggarakan di Provinsi D.I Yogyakarta.

"IOI bukan lagi hal baru untuk Indonesia, karena Indonesia berpartisipasi pada kompetisi ini sejak tahun 1995 dan membantu menciptakan kemampuan literasi dan numerasi bagi anak-anak di Indonesia agar dapat bersaing di ajang Internasional,” ungkap Ainun Na’im.

Pada ajang IOI ke-33, negara tetangga Singapura menjadi tuan rumahnya.

Sebelum menjadi tuan rumah IOI ke-34, Indonesia juga menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya pada ajang pagelaran Asia-Pacific Informatics Olympiad, yaitu pada tahun 2015, 2020, dan 2021.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved