Breaking News:

Manfaat Polyherbal untuk Terapi Adjuvant pada Pasien Gagal Ginjal

Penggunaan albumin direkomendasikan baik digunakan untuk menilai status gizi penderita dengan hemodialisis serta dapat mengganti nutrisi yang hilang

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
dok.
Profesor Dr dr Haerani Rasyid Sp.PD. KGH, Sp.GK 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polyherbal kini mulai digunakan sebagai terapi adjuvant untuk meningkatkan status nutrisi pada pasien penyakit ginjal kronis (gagal ginjal).

Topik ini dibedah oleh Profesor Dr dr Haerani Rasyid Sp.PD. KGH, Sp.GK pada sesi Plenary Lecture yang diselenggarakan Divisi Endokrin Metabolik dan Divisi Nefrologi dalam naungan Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUP Universitas Hasanuddin di event Celebes Nephro-Endo Metabolic Update/ CNEMU VII dengan topik “Optimasi Manajemen Kasus Ginjal-Hipertensi dan Endokrin-Metabolik Diabetes dengan Penyulit Kardiovaskular”, Sabtu, 24 Juli 2021.

Prof Haerani Rasyid mengatakan, polyherbal memiliki peran sebagai terapi adjuvant untuk meningkatkan status nutrisi pada pasien penyakit ginjal kronis.

Penyakit ginjal kronis (PGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal.

Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Baca juga: Manfaat Daun Salam untuk Masakan, Lengkap Beserta Kandungan Nutrisi pada Daun Salam

Pada proses hemodialisa, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring di dalam ginjal buatan (dialyzer).

Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke dalam tubuh.

Penggunaan albumin direkomendasikan karena albumin merupakan indikator yang baik digunakan untuk menilai status gizi penderita dengan hemodialisis serta dapat mengganti nutrisi yang hilang.

Pada sesi ini, Prof Haerani juga membahas tentang Onoiwa MX yang saat ini menjadi sediaan oral albumin dengan komposisi utama ekstrak Channa striata.

Ekstrak herbal ini disebut memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan albumin untuk membantu memperbaiki status gizi pasien dalam kondisi PGK.

Selain itu juga bisa digunakan pada pasien diabetes mellitus. Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan kenaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas.

Baca juga: Menko PMK Dorong Pasien Gagal Ginjal Lakukan Transplantasi

Ekstrak Channa striata mengandung albumin, albumin dapat membantu memperbaiki sel-sel beta pankreas yang rusak dimana sel-sel beta pankreas berfungsi memproduksi insulin.

Insulin berperan dalam memecah glukosa dalam darah menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh.  Produksi insulin yang cukup oleh sel beta pankreas menyebabkan kadar gula darah menurun.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved