Breaking News:

Bulan Tampak Setengah Lingkaran, Fenomena Alam yang Terjadi Malam Ini

Bila kondisi cuaca malam nanti cerah, peristiwa tersebut bida dijadikan malam akhir pekan bersama keluarga mengamati alam.

Editor: Hendra Gunawan
(SHUTTERSTOCK/taffpixture)
Ilustrasi bulan setengah lingkaran. Fenomena bulan setengah lingkaran, Bulan membentuk sudut siku-siku setelah fase bulan purnama dalam fase akhir Perbani. 

TRIBUNNEWS.COM -- Fenomena alam akan terjadi pada Sabtu (27/11/2021) malam ini.

Kejadian tersebut adalah bulan yang akan tampak setengah lingkaran.

Bila kondisi cuaca malam nanti cerah, peristiwa tersebut bida dijadikan malam akhir pekan bersama keluarga mengamati alam.

Fenomena bulan tampak sebagai setengah lingkaran tersebut dikenal dengan fase bulan perbani akhir.

Fase perbani akhir adalah salah satu fase Bulan ketika konfigurasi antara Matahari, Bumi, dan Bulan membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat, dan terjadi setelah fase Bulan purnama.

Baca juga: 5 Fenomena Astronomis yang akan Terjadi 23-29 November 2021 Mendatang

"Maksudnya ini istilah bulan yang akan tampak sebagai setengah lingkaran (dilihat dari Bumi)," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN, Emanuel Sungging dalam pemberitaan Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

Dalam sebuah Masehi, paling tidak akan ada dua kali bulan yang tampak setengah lingkaran ini.

Momen kali ini, peneliti di Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, malam ini adalah malam puncak fase perbani akhir kedua tahun ini terjadi.

Fenomena bulan tampak setengah lingkatan yang terjadi di puncak fase perbani akhir, akan terjadi malam ini pada pukul 19.27 WIB, 20.27 Wita, 21.27 WIT, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Fenomena Pergeseran Tanah di Kabupaten Bogor, 182 Warga Sukamakmur Mengungsi

Dikarenakan puncaknya akan terjadi pada jam tersebut, Bulan perbani akhir ini sudah dapat disaksikan sejak terbit saat tengah malam dari arah timur-timur laut, transit di arah utara saat terbit Matahari dan kemudian terbenam di arah barat-barat laut saat tengah hari.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved