Ilmuwan Temukan 5.500 Virus Baru RNA di Lautan

indonesia.travel
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM -- Para ilmuwan telah menemukan bahwa di perairan di seluruh duna terdapat sebanyak 5.500 virus baru.

Ribuan viru tersebut sebelumnya belum teridentifikasi baik filum maupun kelompok biologisnya.

Hal ini setelah sekumpulan peneliti internasional menggabungkan analisis khusus dengan pohon evolusi tradisional.

Mereka melakukan evaluasi setidaknya pada 35.000 sampel air di dunia, untuk mengidentifikasi virus baru yang mengandung materi genetik RNA.

Baca juga: Bisa Tingkatkan Risiko Penyebaran Virus, Pemerintah Larang Warga Shanghai Bernyanyi saat Malam Hari

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Science pada 7 April 2022 ini, menyebut virus RNA (ribonucleic acid) adalah virus paling terkenal karena penyakit yang ditimbulkannya pada manusia, seperti flu biasa maupun Covid-19.

Mereka juga menginfeksi tumbuhan maupun hewan yang penting bagi kehidupan manusia. Para peneliti mengatakan, bahwa spesies virus yang baru ditemukan, tidak hanya mewakili lima filum virus RNA, tetapi juga menunjukkan adanya lima filum baru yang belum teridentifikasi.

Tim peneliti mengusulkan ribuan virus baru untuk dikategorika ke dalam filum Taraviricota, Pomiviricota, Paraxenoviricota, Wamoviricota dan Arctiviricota.