Fosil Reptil Terbang Berjuluk Naga Kematian Ditemukan di Argentina, Bisa Terbang Setelah Menetas

Binatang spesies pterosaurus tersebut merupakan reptil terbang terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Selatan.

(SHUTTERSTOCK/Warpaint)
Ilustrasi pterosaurus, spesies reptil terbang dari zaman dinosaurus. Potongan fosil di Maroko mengungkap spesies pterosaurus kecil.

TRIBUNNEWS.COM -- Fosil dua ekor binatang purba raksasa zaman dinosaurus yang bisa terbang ditemukan oleh ilmuwan di Argentina.

Pterosaurus ditemukan di Formasi Plottier, singkapan yang terletak di provinsi Mendoza.

Oleh para ahli paleontologi pterosaurus dijuluki naga kematian.

Seperti dikutip Kompas.com dari Live Science, Rabu (25/5/2022) dua reptil raksasa yang ditemukan tersebut memiliki lebar sayap masing-masing 7 meter dan 9 meter.

Peneliti pun mengkonfirmasi bahwa reptil itu adalah Azhdarchidae, keluarga pterosaurus yang hidup pada akhir periode Cretaceous atau sekitar 146 juta hingga 66 juta tahun yang lalu.