Bumi Diprediksi Alami Kekacauan Iklim, Penyebabnya Karena Perilaku Manusia

Para peneliti tersebut memberikan gambaran yang luas dan umum mengenai potensi dampak penuh dari aktivitas manusia terhadap iklim.

AFP/JUNI KRISWANTO
Aktivis lingkungan dengan membawa poster berdiri di samping manekin yang berpakaian sampah plastik saat menggelar aksi kampanye melawan perubahan iklim dalam rangka memperingati Hari Bumi, di Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/4/2022). AFP/JUNI KRISWANTO

TRIBUNNEWS.COM -- Iklim di bumi ini diprediksi bakal mengalami kekacauan, hal ini disebabkan oleh ulah manusia.

Penelitian para ilmuwan database pracetak arXiv pada 21 April lalu menyebutkan, manusia tak hanya menyebabkan bumi menghangat.

Baca juga: Forum Multilateral G7, Menteri LHK Siti Nurbaya Singgung Pendanaan Iklim untuk Negara Berkembang

Penelitian ini tidak menyajikan simulasi lengkap dari model iklim.

Tapi, simulasi tersebut memberikan gambaran yang tidak baik, apabila manusia tidak mengurangi perubahan iklim dan penggunaan bahan bakar fosil.

“Implikasi dari perubahan iklim telah diketahui, kekeringan, gelombang panas, fenomena ekstrem, dan lainnya,” kata salah satu ilmuwan di Departemen Fisika dan Astronomi di Universitas Porto di Portugal Orfeu Bertolami seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (28/5/2022).

Ia menambahkan, apabila perilaku sistem bumi kacau, maka akan kehilangan semua harapan untuk memperbaiki masalah.