Penyakit Hepatitis

Regulator AS dan Kanada Selidiki Kaitan antara Hepatitis dengan Strawberry

Regulator AS dan Kanada sedang menyelidiki wabah Hepatitis yang mungkin terkait dengan buah strawberry organik segar dan strawberry merek H-E-B.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Unsplash - @clemono2
Ilustrasi - Buah strawberry. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, OTTAWA - Regulator Amerika Serikat (AS) dan Kanada sedang menyelidiki wabah Hepatitis yang mungkin terkait dengan buah strawberry organik segar dan strawberry merek H-E-B.

Produk strawberry itu disebut dibeli antara 5 Maret hingga 25 April lalu dan dijual di berbagai pengecer AS, termasuk Aldi, Kroger, Safeway, Walmart dan Trader Joe's.

Sedangkan di Kanada, strawberry yang terkena dampak dijual antara 5 hingga 9 Maret lalu di toko Co-op di Alberta dan Saskatchewan.

Dikutip dari ctvnews.ca, Rabu (1/6/2022), buah strawberry yang berpotensi terkena dampak ini diketahui telah melewati masa simpannya.

Para pejabat kesehatan meminta konsumen yang membelinya dan membekukannya untuk dikonsumsi agar langsung membuangnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS mengatakan saat ini ada 17 kasus terkonfirmasi Hepatitis dan 12 diantaranya tengah menjalani rawat inap di AS.

Baca juga: Enam Dugaan Penyebab Munculnya Hepatitis Akut

Sementara di Kanada, ada 10 kasus terkonfirmasi dan 4 pasien rawat inap.

FreshKampo, brand produsen strawberry organik yang berbasis di Meksiko mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu lalu bahwa pihaknya bekerja sama dengan regulator untuk menyelidiki bagaimana permasalahan itu bisa terjadi.

Brand tersebut menekankan label pada wadah strawberry yang berpotensi terkena dampak itu tentu akan mencantumkan buah itu merupakan 'Produk Meksiko' atau 'Didistribusikan oleh Meridien Foods'.

Baca juga: Misteri Penyebab Hepatitis Akut, Apakah Adenovirus, Anjing atau Covid-19?

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved