Hari Ini Bumi Akan Dilintasi Sebuah Asteroid Berukuran Hingga 83 Meter

Berdasarkan laporan NASA asteroid bernama 2021 GT2 ini akan melintas dengan kecepatan lebih dari 16.000 mph atau 26.000 km/jam.

Sputnik
ilmuwan NASA terus mengawasi benda angkasa berukuran besar yang dijadwalkan akan semakin mendekati bumi pada Senin ini.

TRIBUNNEWS.COM -- Sebuah asteroid diprediksi melintas dekat dengan bumi pada hari ini, Senin (6/6/2022).

Dilansir dari Live Science, Kamis (2/6/2022) lalu, asteroid 2021 GT2 berukuran tiga kali lebih besar dari paus biru.

Asteroid ini akan lewat di dekat Bumi hari ini dalam jarak lebih dari 2,2 juta mil atau 3,5 juta kilometer.

Jarak ini setara dengan kira-kira 10 kali jarak rata-rata Bumi dan bulan.

Baca juga: Sebabkan Punahnya Dinosaurus, Seberapa Besar Asteroid yang Menghantam Bumi?

Asteroid yang baru ditemukan oleh para astronom pada tahun 2021 lalu ini, diperikirakan memiliki ukuran antara 37 hingga 83 meter, yang hampir serupa dengan besarnya 1-3 ekor ikan paus biru.

Seperti yang diketahui, bahwa ikan paus biru (Balaenoptera Musculus) merupakan mamalia dan hewan terbesar di dunia yang masih bisa dijumpai sampai sekarang.

Paus biru menjadi mamalia laut terbesar di dunia yang satu ekornya memiliki ukuran yang bisa mencapai 33 meter dengan berat hingga 181 ton lebih.

Asteroid 2021 GT2 adalah asteroid kelas Aten, yang berarti ia mengorbit matahari lebih dekat daripada Bumi yakni setiap 342 hari sekali.

Lebih dari 1.800 asteroid dalam kategori itu sebenarnya banyak sekali yang dimasukkan ke dalam asteroid berpotensi berbahaya.

Baca juga: Asteroid Berukuran 8 Kali Tugu Monas akan Melintas Dekat Bumi, Apakah Berbahaya?

Akan tetapi, meskipun masuk dalam kelas Aten dan memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari paus biru, para astronom menyebutkan asteroid 2021 GT2 ini masih belum cukup besar untuk dianggap sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi.

Setelah hari ini, 6 Juni 2022, asteroid 2021 GT2 juga masih akan lewat atau melintas dekat Bumi pada masa yang akan datang yakni 26 Januari 2034.

Pada saat itu, asteroid ini akan melintas dalam jarak 9 juta mil atau 14,5 juta kilometer dari planet Bumi. (Ellyvon Pranita/ Bestari Kumala Dewi)

Ini artinya, lintasan asteroid 2021 GT2 lewat dekat bumi pada 26 Januari 2034 nanti akan lebih jauh daripada lintasannya hari ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.