Dua Benda Kuno Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di China, Diperkirakan Sebagai Altar Persembahan

Dua benda dari perabadan kuno dandiperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun ditemukan para arkeolog di China.

Editor: Hendra Gunawan
(Shen Bohan/Xinhua/Sipa USA via CNN INTERNATIONAL)
Benda kuno yang ditemukan di China. Artefak altar dari budaya Saxingdui China yang berusia lebih dari 3.000 tahun. 

TRIBUNNEWS.COM -- Dua benda dari perabadan kuno dandiperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun ditemukan para arkeolog di China.

Dua benda tersebut berupa kotak berbentuk cangkang penyu dan altar pengorbanan manusia.

Keduanya ditemukan di barat daya China.

Benda-benda kuno tersebut merupakan bagian dari 13.000 reliks yang terbuat dari emas, perunggu, dan batu giok.

Baca juga: Kakek di Klaten Temukan Guci Kuno saat Gali Tanah, Diduga Peninggalan Dinasti Tang

Peninggalan tersebut digali di enam lubang pengorbanan di situs arkeologi Sanxingdui, dekat Chengdu.

Sejarawan tidak terlalu banyak mengetahui tentang budaya Sanxingdui, yang tak meninggalkan catatan tertulis atau sisa-sisa manusia, meskipun banyak yang percaya ini bagian dari kerajaan kuno Shu.

Diharapkan temuan terbaru ini akan menjelaskan kerajaan yang memerintah di lembah barat Sichuan, di sepanjang hulu Sungai Yangtze sampai ditaklukkan pada 316 SM.

Sebuah tim gabungan arkeolog dari Institut Penelitian Arkeologi dan Peninggalan Budaya Provinsi Sichuan, Universitas Peking, Universitas Sichuan dan lembaga penelitian lainnya telah menggali enam lubang di situs tersebut sejak tahun 2020.

Baca juga: 250 Mumi Ditemukan di Pekuburan Kuno Zaman Firaun, Diduga Berumur 2.500 Tahun

Selain kedua benda kuno ditemukan di China tersebut, dalam penggalian terbaru yang dilakukan para arkeolog China juga ditemukan 3.155 relik yang relatif utuh, termasuk lebih dari 2.000 barang dan patung perunggu.

Temuan baru benda kuno dari masa lalu Para peneliti menggambarkan sebuah kotak cangkang penyu dari perunggu dan batu giok sebagai salah satu temuan benda kuno dari budaya Sanxingdui yang lebih menarik.

Diklaim bahwa barang semacam ini baru pertama kali ditemukan.

"Tidak berlebihan mengingat bentuknya yang khas, pengerjaan bagus dan desain cerdik. Meskipun kita tidak tahu untuk apa ini digunakan, tapi dapat berasumsi bahwa orang-orang kuno menghargainya," ujar Li Haichao, seorang profesor di Universitas Sichuan, mengatakan kepada Xinhua seperti dikutip dari CNN Internasional, Kamis (16/6/2022).

Lebih lanjut, sebuah altar pengorbanan di China yang terbuat dari perunggu setinggi hampir 3 kaki (0,9 meter) juga ditemukan di salah satu lubang di lokasi penemuan benda-benda kuno dari budaya Sanxingdui. (Mela Arnani/Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Benda Kuno Ditemukan di China, Berusia Lebih dari 3.000 Tahun "

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved